Prediksi Semen Padang vs PSM: Motivasi Berlipat Kabau Sirah

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Semen Padang menargetkan poin penuh saat menjamu PSM Makassar pada 23 September 2019.
tirto.id - Duel Semen Padang vs PSM dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan 20 akan digelar di Stadion Haji Agus Salim, Senin (23/9/2019). Kabau Sirah diprediksi tampil ngotot dengan motivasi berlipat lantaran pekan lalu sukses mencuri poin kala bertemu dengan Persib.

Hal ini sebagaimana diutarakan pelatih Semen Padang, Eduardo Almeida jelang laga. Menurutnya, keinginan anak asuhnya untuk menang sangat besar. Apalagi, laga dihelat di kandang sehingga mesti dimaksimalkan sebaik mungkin agar Kabau Sirah bisa keluar dari zona degradasi.

“Kita berhasil membawa pulang satu poin dari Bandung membuat mental anak-anak jadi naik. Ini termotivasi semua pemain untuk bisa raih tiga poin,” ujar Eduardo seperti dilansir laman Liga 1.

“Ya, kami ingin bangkit. Jelas kuncinya harus bisa memenangkan semua laga kandang, tidak terkecuali lawan siapa pun,” tambahnya.

Namun, Kabau Sirah dipastikan tak akan diperkuat Yu Hyun-koo dan Dedi Gusmawan lantaran akumulasi kartu kuning.

Meskipun demikian, situasi tersebut tidak membuat Eduardo Almeida gusar. Beberapa pemain pengganti pun telah disiapkan untuk menambal posisi yang ditinggalkan Dedi dan Yoo Hyun-koo.

Di lain pihak, pelatih PSM, Darije Kalezic mengakui kekuatan Semen Padang di putaran kedua berbeda dibandingkan putaran pertama. Hadirnya sejumlah pemain baru seperti Flavio Beck Junior dan Vanderley Francisco membuat permainan Kabau Sirah tak bisa dipandang sebelah mata.

Bukti teraktual terlihat pada pertandingan terakhir mereka. Duet striker Karl Max Barthelemy dan Francisco memberikan perbedaan sehingga menentukan hasil akhir.

“Mereka merupakan pemain yang bagus dan mampu mengubah permainan Semen Padang. Pola permainan tim jauh berbeda dari yang sebelumnya dan ini yang kita waspadai. Pertandingan ini tidak mudah dan seluruh pemain harus siap,” kata Kalezic.

Prediksi Formasi Pemain Semen Padang dan PSM

Absennya dua pilar Semen Padang diperkirakan tidak akan memengaruhi permainan secara keseluruhan. Kembali hadirnya kapten tim Irsyad Maulana bakal memberikan warna di lini tengah. Selain itu, sosok Vanderley Francisco juga membuat opsi lini serang semakin beragam.

Sementara untuk PSM, tak akan bermainnya Amido Balde di lini depan bisa ditambal oleh sosok Ferdinand Sinaga. Pada laga pemungkas pekan lalu, striker timnas Indonesia itu membuktikan bahwa dirinya masih tajam dengan menorehkan satu gol.

Lini tengah PSM diprediksi akan sedikit lebih unggul dengan mengandalkan Marc Klok dan Wiljan Pluim. Untuk meminimalisirnya, Semen Padang dapat mengandalkan kolektivitas tim dan efektivitas dalam memanfaatkan peluang.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim:

Semen Padang: Teja Paku Alam; Agung Prasetyo, M. Rifqi, Syaiful Anwar, Roni Rosadi; Leo Guntara, Flavio Beck Junior, Dedi Hartono, Irsyad Maulana; Vanderley Francisco, Karl Max Barthelemy.

PSM: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Munhar, Abdul Rahman, Benny Wahyudi; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; M. Rizky, Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Addi M Idhom
DarkLight