Prediksi PSS vs Tira Persikabo: Peluang Tim Tamu Jaga Rekor

Oleh: Beni Jo - 21 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi PSS vs Tira Persikabo pada pekan pemungkas Shopee Liga 1 2019, Minggu (22/12): Tim tamu dapat menyulitkan tuan rumah.
tirto.id - Duel PSS vs Tira Persikabo digelar Minggu (22/12/2019) pukul 15.30 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman, dalam lanjutan pekan ke-34 Shopee Liga 1 2019. Meladeni Super Elja di kandang lawan, tim tamu berpeluang menjaga rekor tanpa kekalahan sejak ditangani pelatih anyar.

Tira Persikabo sempat menorehkan hasil buruk lantaran tak pernah menang dalam 16 laga beruntun. Namun, catatan tersebut akhirnya pecah sejak ditangani oleh pelatih anyar.

Igor Kriushenko yang didatangkan untuk menggantikan posisi Rahmad Darmawan, memutus serangkaian hasil buruk yang dialami oleh Laskar Padjadjaran. Tampil di kandang Bali United yang sudah memastikan diri sebagai juara Liga 1 2019 pada pekan 32, Tira Persikabo menang 0-1 sekaligus memastikan diri bertahan di Liga 1.

Pada duel kedua, Ciro Alves dan kolega memang sempat ditahan imbang 1-1 kala bersua Persela. Namun, Kriushenko menyebut anak asuhnya bakal tampil lebih baik lagi dalam duel selanjutnya alias penutup musim.

Artinya, laga melawan PSS menjadi peluang Tira Persikabo untuk menjaga rekor tanpa kekalahan sejak ditangani oleh arsitek asal Belarusia tersebut usai gagal meraih kemenangan atas Laskar Joko Tingkir di kandang sendiri.

"Seperti yang sudah diketahui bahwa di laga ini kami tampil di kandang dan tentunya sangat mengecewakan karena hasilnya tidak memuaskan," ujar Kriushenko, dikutip laman resmi Liga Indonesia, Selasa (17/12).

"Apalagi gol tersebut (gol Persela) disebabkan karena kesalahan yang sepele, tapi kami tetap berharap di laga selanjutnya kami bisa bermain lebih baik lagi," tambahnya.


Sementara PSS sendiri tentu tidak ingin kehilangan poin di kandang. Namun, dalam lima penampilan terakhir di Stadion Maguwoharjo, klub besutan Seto Nurdiantoro justru gagal menang dalam empat laga.

Tiga kali bermain imbang tanpa gol saat melawan Persija, Bali United, dan Persib serta kalah 0-1 melawan Borneo FC membuat Super Elja tidak cukup kuasa saat tampil di depan publiknya.

Catatan tersebut pun pantas dimaksimalkan oleh tim tamu yang memburu rekor tanpa kekalahan dalam tiga pertandingan sejak diasuh oleh arsitek anyarnya.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Dari hasil lima laga terakhir, kedua klub memang tidak menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan. PSS hanya sekali menang, dua kali imbang dan dua kali kalah.

Tira Persikabo pun juga sekali menang, meski tiga kali kalah, dan sekali imbang. Namun, performa tim tamu dibawah asuhan Igor Kriushenko sedang menunjukkan performa yang meningkat.

Diprediksi, duel ini menjadi panggung bagi Laskar Padjadjaran untuk menutup musim dengan minimal mencuri satu poin.

Perkiraan Susunan Pemain

PSS (4-3-3): Ega Rizky Pramana; Bagus Nirwanto, Alfonso De La Cruz, Asyraq Gufran, Ikhwan Ciptady; Guilherme Batata, Sidik Saimima, Jefri Kurniawan; Haris Tuharea, Kushedya Hari Yudo, Yevhen Bokhashvili.

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro; Rezky Ikhwan, Khurshed Beknazarov, Mountala Zoubairou, Abduh Lestaluhu; Roni Sugeng, Parfait Louis, Guntur Triaji; Prisca Womsiwor, Wawan Febriyanto, Ciro Alves.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight