Prediksi PSM vs PSS: Incar Kemenangan di Laga Perpisahan Kalezic

Oleh: Permadi Suntama - 15 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
PSM Makasar diprediksi akan tampil menyerang sejak awal laga. Laga ini akan menjadi perpisahan Darije Kalezic, yang memutuskan mundur sebagai pelatih PSM.
tirto.id - PSM Makasar akan menjamu PSS Sleman di Stadion Andi Mattalata, dalam lanjutan pekan ke-33 Shopee Liga 1 pada Minggu (15/12/2019), pukul 18.30 WIB. Laga ini akan menjadi pertandingan kandang terakhir Pasukan Ramang sekaligus perpisahan Darije Kalezic, yang memutuskan mundur sebagai pelatih PSM.

Pelatih berkebangsaan Swiss itu mulai menangani Ferdinand Sinaga dan rekan-rekan di awal musim Liga 1 2019, dan mempersembahkan 13 kemenangan dari 32 laga. Selain itu, ia sukses mempersembahkan gelar Piala Indonesia 2018/2019, yang merupakan gelar pertama PSM dalam 19 tahu terakhir.

"Besok adalah pertandingan terakhir saya bersama PSM. Saya memiliki pengalaman untuk menghabiskan waktu di sini. Saya senang bahwa saya menjadi coach dan melakukan tugas saya memberikan trofi [untuk PSM Makasar] setelah 19 tahun lamanya," kata Darije Kalezic.

Namun, keberhasilan Darije Kalezic, mempersembahkan gelar Piala Indonesia, gagal ditularkan saat bermain di Liga 1. PSM Makasar baru mengumpulkan 43 poin dari 32 laga dan kemungkinan tak akan menembus 5 besar.

Buruknya performa Amido Balde dan kolega di laga tandang menjadi penyebab utama kegagalan mereka finis di papan atas. Dari 16 pertandingan di kandang lawan, Juku Eja, menderita 13 kali kalah dan 3 kali bermain imbang, tanpa mampu meraih satu pun kemenangan.

Mundurnya Darije Kalezic, pun disayangkan oleh pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, yang akan menjadi lawannya kali ini. Namun, ia juga mewaspadai semangat Pasukan Ramang, yang diprediksi ingin memberikan kado perpisahan untuk pelatih mereka.

"[Pengumuman mundurnya Kalezic] Bisa menjadi keuntungan [bagi PSS], dan bisa memberi dampak positif juga untuk PSM Makasar. Namun, kami akan berkonsentrasi pada PSS sendiri, sejauh mana kami dapat memanfaatkan momen tersebut," kata Seto Nurgiyantoro.

Prediksi Jalannya Pertandingan

PSM Makasar diprediksi akan tampil menyerang sejak awal laga. Permainan cepat mengandalkan sisi sayap akan menjadi senjata utama Marc Klok dan kolega dalam membangun serangan.

Dukungan dari supporter tuan rumah pun diprediksi akan menjadi tenaga ekstra untuk Pasukan Ramang. Selain karena duel melawan PSS akan menjadi laga perpisahan, dengan Darije Kalezic, ini juga akan menjadi pertandingan kandang mereka musim ini.

Di lain pihak, Super Elja, diprediksi akan bermain lebih bertahan dan mencari kesempatan untuk melakukan serangan balik cepat. Evgen Bokhashvili, diprediksi akan dipasang sebagai senjata utama mereka untuk mencetak gol.

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makasar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, Marc Klok, Muhammad Arfan; Zulham Zamrun, Amido Balde, Muhammad Rahmat.

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rrizki; Bagus Nirwanto, Alfonso de la Cruz, Ardan Aras, Samuel Christianson; Dave Mustaine, Guilherme Batata, Ricky Kambuaya; Kushedya Yudo, Evgen Bokhashvili, Arsyad Yusgiantoro.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight