Prediksi PSM vs Persipura: Misi Juku Eja Pertahankan Rekor Kandang

Oleh: Beni Jo - 17 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi PSM Makassar vs Persipura dalam laga tunda pekan 4 Shopee Liga 1 2019, Senin (18/11) mengarah pada hasil imbang.
tirto.id - Duel PSM Makassar vs Persipura dalam laga tunda pekan 4 Shopee Liga 1 2019 digelar Senin (18/11/2019) di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, pukul 18.30 WIB. Adu rekor kandang melawan catatan tandang akan terjadi dalam laga kali ini.

PSM memiliki catatan yang sangat impresif saat bermain di kadang sendiri. Dari 13 kali penampilan di depan publiknya musim ini, Juku Eja berhasil meraih kemenangan 11 dan dua kali menelan kekalahan. Empat kali mampu clean sheet, mereka sukses mencetak total 27 gol dan kebobolan 10 kali.

Di tabel klasemen, Rizky Pelly dan kolega menduduki posisi kesembilan dengan raihan 36 poin, tuan rumah tentu butuh angka penuh demi memperbaiki peringkat.

Rekor cukup bagus yang dimiliki tuan rumah saat menjalani laga di markasnya ini bakal diuji oleh sang penantang, Persipura. Pasalnya, Mutiara Hitam memiliki catatan cukup bagus tatkala melakoni laga tandang.

Dari 13 pertandingan away yang sudah dijalani di Liga 1 2019, Mutiara Hitam berhasil menang enam kali. Sedangkan duel tersisa berakhir dengan empat kali kalah dan tiga kali imbang.

Selain itu, performa Persipura dalam lima laga tandang terakhirnya juga menunjukkan raihan yang sangat impresif yakni empat kali menang dan sekali imbang.


Kendati demikian, dalam penampilan terakhirnya kedua klub justru gagal meraup poin penuh. PSM kalah atas Persebaya di Stadion Batakan. Sedangkan Persipura bermain imbang 2-2 saat bersua Bali United.

Arsitek Juku Eja Darije Kalezic pun sempat mengakui tentang kualitas tim saat melakoni laga tandang melawan Bajul Ijo. Menurutnya, skuadnya memiliki kelemahan apabila menjalani pertandingan tandang.

"Saat kalian kalah di 10 pertandingan dan 3 draw, maka itu mengonfirmasi ada kesalahan terstruktur. Tidak ada rahasia soal itu. Tim ini tidak cukup bagus untuk menang pertandingan tandang. Kami kehilangan kualitas untuk menang tandang," ujar Kalezic, melansir laman resmi klub, Kamis (14/11).

Sementara Jacksen F. Tiago memiliki tekad untuk membawa Boaz Solossa dan kawan-kawan lolos ke kompetisi Asia musim depan. Sejauh ini, Persipura berada di peringkat kedua dengan 44 angka.

Untuk itu, Mutiara Hitam akan mencoba mengumpulkan poin maksimal agar target di akhir musim tercapai. Maka, duel di kandang PSM pun bakal menjadi bagian dari misi tim tamu untuk mewujudkan harapannya itu.

"Setiap pertandingan akan kita coba mengumpulkan poin semaksimal mungkin semoga pada pekan 34 nanti kita berada di posisi yang baik dan bisa membawa Persipura ke Asia," ujar Jacksen.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Catatan kedua tim menunjukkan hasil yang kurang bagus dalam dua pertandingan terakhirnya. PSM selalu menelan kekalahan di kandang lawan sedangkan Persipura justru gagal menang di markas sendiri dengan sekali imbang dan sekali kalah.

Namun, duel ini memiliki misi berbeda bagi kedua tim. Tuan rumah yang membutuhkan poin penuh untuk meningkatkan asa menuju papan atas. Sedangkan tim tamu juga menjaga posisi runner-up.

Diprediksi, duel ini berakhir dengan skor imbang mengingat kekuatan yang dimiliki oleh kedua klub cukup merata.

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makasar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Beny Wahyudi, Hasyim Kipuw, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Ferdinand Sinaga, Amido Balde, Ezra Walian.

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman; Yustinus Pae, Yohanes Tjoe, Andre Riberio, Israel Wamiau; M. Tahir, Oh In-kyun, Ibrahim Conteh; Todd Rivaldo Ferre, Titus Bonai, Marinus Wanewar.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight