Piala AFC 2019

Prediksi PSM Makassar vs Becamex Binh Duong: Jaga Asa ke Final

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi PSM Makassar vs Becamex Binh Duong di leg kedua semifinal Piala AFC zona ASEAN, Rabu (26/6/2019) mengarah pada kemenangan Juku Eja.
tirto.id - Prediksi PSM Makassar vs Becamex Binh Duong dalam leg kedua semifinal Piala AFC 2019 zona ASEAN mengarah pada kemenangan Juku Eja. Pertandingan bakal dihelat di Stadion Pakansari, Rabu (26/6/2019) mulai pukul 15.30 WIB.

PSM Makassar mesti tampil habis-habisan sejak sepak mula. Untuk menjaga asa lolos ke final, skuat asuhan Darije Kalezic minimal harus mencetak dua gol tanpa kebobolan. Pasalnya, Wiljan Pluim dan kawan-kawan menderita kekalahan 1-0 di leg pertama saat bertindak sebagai tim tamu.

Namun, hasil minor di pertandingan pertama justru menjadi pelajaran berharga bagi Darije Kalezic selaku pelatih. Menurutnya, kekalahan tersebut membuat PSM Makassar mengetahui kelebihan serta kelemahan tim asal Vietnam itu sehingga Juku Eja akan menerapkan strategi yang sesuai guna mengincar kemenangan.

“Di pertandingan pertama kami mendapatkan kesan-kesan yang cukup bagus dari lawan. Kita tahu kualitas mereka dan kelemahan-kelemahan mereka. Dan besok [hari ini] kami akan gunakan jadi keuntungan bagi kami,” papar Dejan Kalezic dalam konferensi pers sebelum laga.


Di lain pihak, pelatih Becamex Binh Duong, Nguyen Thanh Son mengingatkan skuatnya agar tidak jemawa kendati unggul agregat satu gol. Pasalnya, selain bermain di kandang sendiri, PSM mempunyai motivasi berlipat untuk lolos ke babak selanjutnya.

Lebih khusus, Becamex Binh Duong akan tampil hati-hati dan mewaspadai lini serang Juku Eja. Nguyen Thanh Son membeberkan bahwa lini depan PSM harus mendapat perhatian agar timnya tidak kebobolan.

“Saya rasa PSM adalah tim yang tangguh di lini depan. Ada pemain nomor 39, 80, dan 9 yang harus diwaspadai. Sementara itu, Becamex Binh Duong memiliki sebelas pemain yang semuanya mempunyai kemampuan merata,” ujarnya.

Kekhawatiran Thanh Son beralasan lantaran pada babak penyisihan Grup H, PSM menjadi tim paling produktif dengan menjaringkan 17 gol ke gawang lawan-lawannya. Catatan lain yang membuat Becamex Binh Duong kian waspada karena 11 gol di antaranya tercipta saat Juku Eja bertindak sebagai tuan rumah.

Dengan torehan tersebut, PSM Makassar masih memiliki peluang yang cukup besar untuk memenangkan pertandingan. Namun, yang patut diperhatikan oleh Darije Kalezic adalah lini pertahanan timnya.

Meski produktif mencetak gol, lini belakang PSM terhitung rapuh karena telah kebobolan sembilan gol termasuk pada laga semifinal leg pertama, Rabu (19/6/2019) lalu.

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam; Abdul Rahman; Aaron Evans; Taufik Hidayat; Marc Klok; Rizky Pellu; Wiljan Pluim; M. Rahmat; Zulham Zamrun; Eero Markkanen.

Becamex Binh Duong: Tran Duc Cuong; Ho Tan Tai; Nguyen Thanh Long; Ali Rabo; Nguyen Hung Thien Duc; Le Tan Tai; Victor Mansaray; Nguyen Trong Huy; Wander Luiz; To Van Vu; Nguyen Anh Duc.

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman
DarkLight