Liga Champions

Prediksi PSG vs Club Brugge: Pelajaran dari Santiago Bernabeu

Oleh: Wan Faizal - 6 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi PSG vs Brugge di Liga Champions (UCL) pada Kamis (7/11/2019): meski tuan rumah unggul segalanya, tim tamu bisa membuat kejutan seperti saat di Santiago Bernabeu.
tirto.id - PSG akan berhadapan dengan Club Brugge dalam lanjutan matchday keempat Grup A Liga Champions di Stadion Parc des Princes pada Kamis (7/11/2019) pukul 03.00 WIB. Tuan rumah memang diunggulkan untuk menang. Tapi, bukan tak mungkin kejutan yang dibuat Brugge di Santiago Bernabeu bisa terulang.

1 Oktober 2019, Brugge yang bertandang ke markas Real Madrid sama sekali tak dijagokan untuk mencuri poin. Tapi di lapangan, determinasi yang mereka tunjukkan membuat Real terdiam. Dua gol Emmanuel Denis sempat membawa Brugge unggul 0-2 meski kemudian bisa memaksakan hasil imbang.

Kemenangan memang gagal didapat tim Brugge. Namun hasil di Bernabeu mampu mengangkat mental bertanding mereka. Di Liga Jupiler Belgia, Brugge mampu menggapai 4 kemenangan dan 1 imbang usai mampu menahan Real Madrid sang raksasa Eropa.

Jelang pertandingan kontra PSG, Brugge sama sekali tak terintimidasi akan hasil matchday ketiga lalu. Meski kalah 0-5 di kandang sendiri dari PSG pada 22 Oktober lalu, skuad Brugge yakin bisa berbuat sesuatu di Paris.

“PSG adalah tim besar namun patut diingat kami bisa mencuri satu poin di kandang Real Madrid. Keberhasilan itu bisa saja terulang lagi di Paris karena inilah sepak bola. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mencuri satu poin dari Paris,” tegas Mbaye Diagne, striker Brugge asal Senegal.

Di sisi lain PSG akan berupaya merebut kemenangan di laga ini guna memastikan tiket ke babak 16 besar. Kemenangan sudah pasti membuat PSG lolos dari fase grup. Demikian pula jika mereka hanya bisa imbang kontra Brugge dengan catatan di laga lain duel Real dan Galatasaray juga selesai sama kuat.

Kemenangan di laga ini juga bisa membuat PSG tak hanya memastikan tiket lolos, namun juga menjadi juara grup. Syaratnya adalah, ketika PSG menumbangkan Brugge, di laga lain Galatasaray bermain seri dengan Real Madrid.

Namun sebelum berpikir lebih jauh, PSG layak memperbaiki mental bertanding terlebih dahulu. Akhir pekan lalu mereka kalah dari Dijon yang notabene adalah tim juru kunci Liga Perancis saat itu. Berdasarkan statistik Whoscored, itu merupakan kekalahan ketiga PSG musim ini. Semua hasil buruk terjadi atas lawan yang harusnya bisa dikalahkan. Sebuah kode tentunya agar PSG tidak menganggap remeh Brugge.

“Kami harus memperbaiki permainan kami. Karena jika kami terus bermain seperti itu, apa pun bisa terjadi. Semua orang berkata bahwa kami berada di dunia yang berbeda. Tapi itu baru pantas jika kami bermain 100 persen di lapangan. Jika kami tidak kompak, maka kekalahan pantas kami derita,” kata Thomas Tuchel.



Kondisi Tim Terkini

PSG masih harus berlaga tanpa Neymar, Thomas Meunier, atau Thilo Kehrer di laga ini. Meski tanpa ketiganya, klub Paris masih punya kans besar untuk bisa memenangi pertandingan ini.

Dari Brugge, pelatih Philippe Clement tidak bisa menurunkan Clinton Mata yang masih cedera dan Ruud Vormer karena skorsing. Nama Simon Deli kabarnya belum terlalu fit kondisinya meski ia masuk ke dalam skuad Brugge di laga ini.

Perkiraan Susunan Pemain:

PSG (4-2-3-1): Keylor Navas; Colin Dagba, Marquinhos, Presnel Kimpembe, Juan Bernat; Idrissa Gueye, Leandro Paredes; Pablo Sarabia, Angel Di Maria, Kylian Mbappe; Mauro Icardi

Club Brugge (3-5-2): Simon Mignolet; Matej Mitrovic, Brandon Mechele, Simon Deli; Krepin Diatta, Eduard Sobol, Eder Balanta, Hans Vanaken, Mats Rits; Emmanuel Denis, Mbaye Diagne

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight