Prediksi Portugal vs Swiss: Beban Tuan Rumah Selecao

Oleh: Wan Faizal - 5 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Portugal vs Swiss di laga semifinal UEFA Nations League 2019
tirto.id - Portugal akan berjumpa Swiss dalam semifinal UEFA Nations League atau Liga Negara Eropa di Estadio do Dragao, Kamis (6/6/2019) pukul 01.45 WIB.

Beban berat akan disandang tuan rumah sebab tak hanya berstatus sebagai tuan rumah di pertandingan ini tetapi juga dalam empat laga tersisa turnamen ini termasuk partai final.

Beban berat tersebut semakin bertambah ketika pasukan Fernando Santos menyandang status spesial dalam ajang ini, yakni juara Eropa 2018. Mau tak mau, mereka "diwajibkan" memenangi turnamen ini untuk semakin menegaskan status terbaik di belantika sepakbola Eropa.

Bagi Fernando Santos, laga melawan Swiss tidak akan mudah. Mereka bisa menjadi juara Liga A2 dengan mengungguli Belgia dan Islandia. Swiss di bawah asuhan Vladimir Petkovic bisa membalikkan semua prediksi dengan menjadi juara dan lolos ke semifinal.

“Bisa menjadi juara di tanah sendiri jelas sesuatu yang bagus. Tapi kami tahu tantangan apa yang sudah menunggu ketika berhadapan dengan Swiss. Mereka tim yang bagus dan bisa mengungguli Belgia di babak sebelumnya. Kami paham harus memberikan segalanya untuk mengalahkan mereka dan menuju ke final,” papar Santos.

Di sisi lain, Swiss pun tak kalah siap dalam melakoni pertandingan ini. Modal bagus dengan bisa menjuarai Liga A2 membuat mereka sangat percaya diri dalam menatap laga final.

Namun, Petkovic jelas tidak mau meremehkan Portugal karena statistik mereka selama babak grup kemarin cukup bagus.

Portugal hanya kebobolan tiga gol saja dalam empat pertandingan melawan Italia dan Polandia. Dibanding juara lain di Liga A, jumlah tersebut memang yang paling sedikit.

Bandingkan saja dengan Belanda di Liga A yang kebobolan empat gol, Swiss di Liga A2 dengan lima gol, dan Inggris di Liga A4 juga dengan lima gol.

“Kami melihat bahwa Portugal tidak banyak kebobolan gol selama babak grup kemarin. Mereka punya pertahanan yang sulit untuk didobrak. Itu berarti, kami harus sangat fokus untuk bisa mengalahkan mereka,” kata Petkovic.


Portugal memang menjadi unggulan di pertandingan ini. Selama fase grup kemarin, mereka sanggup mengalahkan Italia dan ditahan imbang Polandia di tanah sendiri.

Selain itu, Portugal hanya kebobolan satu gol saja dalam dua pertandingan tersebut. Jika tak waspada, Swiss tentu bisa menjadi korban berikutnya.

Kondisi Tim Terkini

Portugal dipastikan menurunkan skuad terbaiknya di pertandingan ini. Termasuk Cristiano Ronaldo yang dipanggil lagi oleh Santos guna memenuhi ambisi menjadi juara.

Selain itu, patut dinanti bagaimana kontribusi anak muda bernama Joao Felix dalam pertandingan nanti jika ia mendapatkan kesempatan main.

Dari sang lawan, Swiss juga datang dengan skuad terbaik. Absennya Breel Embolo karena cedera dirasa tak terlalu mengganggu tim asuhan Petkovic.

Di sisi lain, mereka akan berharap Xherdan Shaqiri menularkan aura juara Liga Champions yang baru didapatnya kepada rekan-rekan setimnya di ajang ini.

Perkiraan susunan pemain:

Portugal (4-4-2): Rui Patricio; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Mario Rui; William Carvalho, Pizzi, Rafa Silva, Bernardo Silva; Joao Felix, Cristiano Ronaldo

Swiss (4-2-3-1): Yann Sommer; Kevin Mbabu, Fabian Schar, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Granit Xhaka, Denis Zakaria; Edimilson Fernandes, Steven Zuber, Xherdan Shaqiri; Haris Seferovic

Baca juga artikel terkait UEFA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Yantina Debora