Final Liga Negara UEFA 2019

Prediksi Portugal vs Belanda: Duel Ronaldo-Van Dijk Demi Juara

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 9 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Portugal vs Belanda di final Liga Negara UEFA A di Stadion Dragao, Senin (10/6/2019) pukul 01.45 WIB.
tirto.id - Final Liga Negara UEFA 2018/2019 Divisi A antara Portugal vs Belanda akan digelar di Stadion Dragao, Senin (10/6/2019) pukul 01.45 WIB. Di laga ini, De Oranje yang punya palang pintu seperti Matthijs de Ligt dan Virgil Van Dijk kan menjajal ketangguhan tuan rumah yang memiliki bomber sekelas Cristiano Ronaldo.

Dalam beberapa tahun terakhir, sepakbola nasional De Oranje memang mengalami keterpurukan. Empat tahun terkini, Belanda melewatkan dua turnamen bergengsi, yaitu Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018. Belanda baru mendapatkan kekuatannya kembali usai diasuh Ronald Koeman pada Februari 2018 lalu.

Di bawah asuhan Koeman, De Oranje meraih serangkaian hasil positif dan berhasil melaju ke babak final Liga Negara UEFA A. Skuat asuhan Koeman pun dipenuhi bintang-bintang baru yang menjadi pemain penting untuk Belanda. Di antaranya adalah dua pemain muda potensial dari Ajax, Matthijs de Ligt dan Frenkie de Jong.

Musim ini, de Ligt dan de Jong berperan penting membawa Ajax melaju hingga semifinal Liga Champions. Meskipun akhirnya kalah dari Spurs, de Amsterdammers berhasil mengalahkan tim-tim kuat seperti Real Madrid dan Juventus dalam perjalanan mereka.

Dalam semifinal lawan Inggris (7/6) lalu, dua pemain tersebut juga menjadi sosok kunci kemenangan Belanda. Matthijs de Ligt mencetak gol penyeimbang yang memaksa Inggris bermain hingga extra time. Berkat babak tambahan, anak asuh Ronald Koeman pun sukses mengandaskan Three Lions dengan skor 3-1.

Sementara itu, Frenkie de Jong juga berperan vital dengan menguasai lini tengah pada laga tersebut. De Jong menorehkan statistik mengagumkan dalam laga itu dengan 128 sentuhan, 105 umpan (101 sukses), tujuh tekel (lima sukses), tiga intersep, dua umpan kunci, dan 13 ball recoveries.

Kemampuan skuat muda Belanda pun disadari oleh pelatih Portugal, Fernando Santos. Pelatih yang membawa Selecao das Quinas juara Piala Eropa 2016 itu mengaku kagum dengan progres Belanda di bawah asuhan Koeman.

"Tantangannya adalah mencoba dan memahami ancaman macam apa yang lawan Anda tunjukkan. Belanda telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perjalanan Ajax menggetarkan di Liga Champions dan Belanda punya pemain yang memenangi final [Liga Champions], yang membuktikan kemampuan hebat yang mereka punya," ucap Santos dikutip laman resmi UEFA.



Jelang laga ini, tim tamu layak mewaspadai penyerang veteran Portugal, Cristiano Ronaldo. Meskipun sudah berusia 34 tahun, bintang Juventus itu masih menunjukkan tajinya dengan mencetak hattrick ke gawang Swiss pada semifinal lalu (6/6).

Kemampuan duel udara Ronaldo juga menimbulkan ancaman tersendiri bagi duet bek Matthijs de Ligt dan Virgil van Dijk. Di Liga Champions musim ini, Ronaldo pun mencetak empat gol via sundulan. Dalam perempat final kontra Ajax, eks penyerang Real Madrid itu mencetak dua gol sundulan ke gawang tim yang dibentengi Matthijs de Ligt.

Jelang laga ini, de Ligt mengakui sosok Ronaldo yang fenomenal. Kendati demikian, bek berusia 19 tahun tersebut menegaskan bahwa timnya tidak hanya fokus ke sang megabintang.

"Anda tidak bisa mendasarkan keseluruhan taktik untuk menghadapinya [Ronaldo], karena Portugal punya pemain lain yang hebat pula. Kami hanya perlu fokus ke tugas kami dan memastikan bahwa Portugal tidak mengatur permainan," ucap de Ligt dikutip laman resmi UEFA.


Perkiraan Susunan Pemain


Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Nelson Semedo, Jose Fonte, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho, Ruben Neves, William Carvalho; Bernardo Silva; Goncalo Guedes, Cristiano Ronaldo

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Virgil Van Dijk, Matthijs de Ligt, Daley Blind; Georginio Wijnaldum, Frenkie de Jong, Marten de Roon; Steven Bergwijn, Memphis Depay, Ryan Babel

Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA UEFA atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Fitra Firdaus