Prediksi Persija vs Home United di AFC Cup 2018, Cukup Menang 1-0

Oleh: Fitra Firdaus - 14 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Persija cukup menang 1-0 di leg kedua semifinal AFC Cup 2018 zona ASEAN agar lolos ke babak berikutnya.
tirto.id - Pertandingan Persija vs Home United akan digelar pada Selasa, 15 Mei 2018 pukul 19.30 WIB. Laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta dalam leg kedua semifinal AFC Cup 2018 zona ASEAN akan menjadi penentu nasib Macan Kemayoran di kompetisi tersebut.

Kekalahan 3-2 Persija atas Home United di leg pertama, membuat tim asuhan Stefano 'Teco' Cugurra harus menang pada leg kedua ini. Namun, Macan Kemayoran hanya membutuhkan skor 1-0. Andai itu yang terjadi, Persija akan unggul agresivitas gol tandang.

Meskipun demikian, Teco tidak ingin hanya meraih target minimal. Baginya, memukul Home United dengan banyak gol akan lebih menguntungkan Persija. Sang pelatih juga berharap pada gol cepat timnya.

"Peluang lolos ke final ASEAN masih terbuka. Kami cukup menang 1-0 tapi jika ingin lebih aman kita harus menang lebih dari itu.

“Sekali lagi kami fokus menghadapi laga ini. Kebetulan kami sudah mengetahui gaya mereka. Kami akan menyiapkan strategi yang tepat untuk bisa mengalahkan mereka. Kami juga ingin mengincar gol cepat agar kami bisa semakin tenang dan fokus,” tutur Teco dikutip laman resmi Persija.

Masalah besar Persija adalah lini belakang mereka. Dalam dua laga terakhir, Macan Kemayoran kebobolan lima gol. Faktor absennya Andritany Ardhiyasa adalah satu hal. Namun, ada hal lain, yaitu komposisi palang pintu yang belum pasti.

Jaimerson dalam kondisi cedera engkel, dan pemulihannya masih dipantau. Saat bertandang ke Singapura, Teco mencoba formula Maman Abdurrahman-Vava Mario Yagalo yang terbukti kemasukan tiga gol.

Ketika Persija menjamu Madura United, Teco mencoba duet Gunawan Dwi Cahyo dan Vava Mario Yagalo. Namun, Macan Kemayoran tetap kebobolan dua gol.

Sementara lini belakang Persija terlihat keropos, lini depan mereka juga menjadi sorotan. Marko Simic sudah dalam dua laga tidak mencetak gol. Meskipun demikian, di laga kandang kontra Home United, Simic bisa diduetkan dengan Addison Alves untuk formasi 4-4-2.

Menggunakan pola ini bisa menjadi alternatif bagi Teco. Apalagi Simic, Rico Simanjuntak, dan Ramdani Lestaluhu disimpan dalam pertandingan kontra MU.


Di lain pihak, Home United memiliki keuntungan waktu istirahat yang lebih banyak. Mereka tidak bertempur di Liga Singapura hingga Selasa, 19 Mei mendatang. Ini berbeda dengan Persija yang harus membagi konsentrasi di Liga 1.

Pada leg pertama lalu, Home United tampil lebih rapi dibandingkan Persija. Namun, tim asal Singapura kebobolan dua kali melalui bola mati. Hal ini bisa dimanfaatkan Persija, yang selain memiliki Marko Simic yang unggul dalam duel udara, akan didukung Jakmania, suporter fanatik tuan rumah.

Perkiraan Susunan Pemain
Persija (4-4-2): Rizky Darmawan; Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Vava Mario Yagalo, Valentino Telaubun; Riko Simanjuntak, Rohit Chand, Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu; Marko Simic, Addison Alves

Home United (4-2-3-1): Rudy Khairullah; Jumaat Jantan, Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah; Izzin Shafiq, Mohan Kumar; Abdul Hameed, Shahril Ishak, Fazli Ayob; Song Ui-Young

Baca juga artikel terkait PIALA AFC 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight