Prediksi Persija vs Barito Putera: Laga Dua Tim Papan Bawah

Oleh: Hendi Abdurahman - 22 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Persija vs Barito Putera pada Senin, 23 September 2019, menjadi peluang bagi Macan Kemayoran untuk keluar dari papan bawah klasemen.
tirto.id - Laga Persija vs Barito Putera pada pekan 20 Shopee Liga 1 2019 akan digelar di Stadion Patriot Chandrabagha, Bekasi, Senin (23/9/2019).

Kedua tim sama-sama mengincar 3 poin usai menderita kalah pada pekan lalu. Apabila melihat rekor pertemuan saat bertindak sebagai tuan rumah, Macan Kemayoran diprediksi bisa meraih kemenangan.

Musim lalu, Persija sukses mengandaskan Laskar Antasari dengan skor 3-0 ketika bermain di kandang. Marko Simic menjadi bintang dengan menyumbang dua gol, ditambah satu gol dari Novri Setiawan.

Kondisi berbeda dialami Riko Simanjuntak dan koleganya musim ini. Jika musim lalu mereka bersaing di papan atas, kali ini Macan Kemayoran mesti berjuang untuk keluar dari papan bawah.

Situasi semakin sulit lantaran sejauh ini Persija telah mengganti pelatih sebanyak dua kali sehingga berpotensi mengubah pemahaman punggawanya dalam bermain.


Jelang laga, mental dan kepercayaan diri menjadi faktor yang mesti dibenahi. Pelatih sementara Persija, Sudirman mengemban tugas yang tidak mudah. Namun, ia mengaku telah mempersiapkan tim secara maksimal dan bertekad memberikan kemenangan.

“Saya melihat para pemain bergairah untuk memberikan sesuatu yang lebih di pertandingan nanti. Para pemain dalam kondisi siap untuk memenangkan pertandingan. Saya mengatakan kepada semua pemain bahwa mereka adalah tim juara. Mereka harus tampil total untuk Persija,” ucapnya.

Di lain pihak, Barito Putera juga belum menunjukkan konsistensi permainan. Sempat menang atas Semen Padang, Rizky Pora dan kolega gagal mendapatkan hasil maksimal dalam dua laga terakhir. Masing-masing ditahan imbang Madura United dan kalah atas Bhayangkara FC.

Guna memperbaiki performa anak asuhnya, pelatih Barito Putera Djadjang Nurdjaman, telah menginstruksikan para pemainnya untuk bekerja lebih keras. Lebih lanjut, eks pelatih Pesebaya itu pun mengaku tak gentar dengan materi pemain lawan dan dukungan suporter tuan rumah.


Satu yang menjadi perhatian Barito Putera pada laga besok yakni absennya dua pilar mereka, yakni Bayu Pradana dan Nazar Nurzaidin. Keduanya mendapatkan kartu merah ketika melawan Bhayangkara FC. Padahal Bayu dan Nazar kerap menjadi andalan Djanur.

“Memang ada beberapa pemain kami yang tidak bisa tampil sementara Persija kemungkinan akan turun full tim. Oleh karena itu kami harus kerja keras. Insya Allah kami tidak takut dengan nama besar Persija meski mereka diisi nama-nama berkualitas seperti Simic, Riko Simanjuntak dan dua pemain asing barunya,” tandas Djanur.

Melihat kondisi terkini, Persija dan Barito Putera memang sama-sama berada di situasi sulit. Akan tetapi, kesempatan Macan Kemayoran untuk meraih kemenangan sedikit lebih besar lantaran bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

Perkiraan Susunan Pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa; Novri Setiawan, Xandao, Fachruddin, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute, Joan Tomas, Rohit Chand; Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Marko Simic.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Gavin Kwan, Cassio de Jesus, Donny Monim, Faturrahman; Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Kousuke Uchida, Rizky Pora; Rafael Silva, Francisco Torres.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Addi M Idhom
DarkLight