Prediksi Paderborn vs Borussia Dortmund: Fokus Amankan Runner-Up

Oleh: Wan Faizal - 29 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Paderborn vs Dortmund: tuan rumah berpeluang meredam permainan Die Borussen. Tetapi, Dortmund harus meraih kemenangan untuk mengamankan posisi runner-up klasemen.
tirto.id - Liga Jerman 2019-2020 pekan ini bakal menyajikan pertandingan Paderborn vs Borussia Dortmund di Benteler Arena, Jerman. Laga Bundesliga ini akan berlangsung pada Minggu (31/05/2020) pukul 23.30 WIB.

Pertandingan Paderborn vs Borussia Dortmund masih berarti penting bagi Die Borussen, terutama untuk mengamankan posisi runner-up klasemen dari kejaran tim lain.

Sebenarnya ada penyesalan besar yang dirasakan pasukan Lucien Favre setelah kalah dari Bayern Munchen dalam laga Der Klassiker pada 26 Mei kemarin.

Alih-alih merapatkan jarak menjadi satu poin dengan sang rival, Dortmund malah tertinggal tujuh angka dari Bayern yang semakin kokoh di peringkat pertama. Dengan kondisi ini, peluang merebut gelar juara bagi Dortmund semakin kecil.

Namun bukan berarti sudah tidak ada target yang harus diperjuangkan. Kemenangan masih amat penting untuk didapatkan guna mengamankan posisi Dortmund di peringkat kedua. Persaingan di antara penghuni lima besar saat ini menjadi semakin panas setelah Dortmund dikalahkan Bayern.

Dortmund kini mengoleksi 57 poin dan hanya unggul 2 poin dari RB Leipzig. Sementara Borussia Monchengladbach dan Bayer Leverkusen di posisi berikutnya pun hanya terpaut empat poin dari BVB.

Satu keuntungan bagi Dortmund adalah Leipzig hanya bisa bermain imbang kontra Hertha Berlin. Jika saja Leipzig bisa menang, Dortmund sudah pasti tergusur ke peringkat tiga.

Berhadapan dengan Paderborn, Dortmund tentu lebih diunggulkan. Akan tetapi, Favre harus tetap waspada karena ia kehilangan dua pemain andalannya. Salah satunya adalah Erling Haaland yang mendapatkan cedera ketika berlaga versus Bayern.

"Sayangnya, Erling harus absen saat kami melawan Paderborn," ujar Favre dalam sesi konferensi pers, pada Jumat (29/5/2020).

Sebaliknya, Paderborn kemungkinan akan berusaha memanfaatkan kondisi mental para pemain Dortmund yang belum pulih sempurna setelah kalah di laga kontra Bayern.

Meski secara head to head mereka belum pernah bisa mengalahkan Dortmund, tapi Paderborn bisa berkaca pada hasil laga kedua tim sebelumnya.

Saat itu, bermain di bawah tatapan puluhan ribu suporter Dortmund, Paderborn bisa memaksakan hasil imbang 3-3. Bahkan Paderborn sempat unggul tiga gol tanpa balas pada babak pertama lewat brace Streli Mamba dan gol tambahan dari Gerrit Holtmann.

Sayangnya, memasuki babak kedua permainan Paderborn justru kendor sehingga Dortmund bisa mengejar ketertinggalan lewat gol Jadon Sancho, Axel Witsel dan Marco Reus.

Pasukan Steffen Baumgart ingin mengulangi hasil tersebut. Berbekal hattrick hasil imbang di laga terakhir dan hasil laga di Signal Iduna Park lalu, Paderborn ingin meraih poin guna memperbaiki situasi mereka di papan klasemen.

"Kami percaya diri bisa memberikan kesulitan pada Dortmund. Apa yang terpenting adalah jangan hiraukan papan klasemen. Kami hanya harus fokus pada kemampuan diri sendiri," kata Baumgart.

Kondisi Tim Terkini

Selain tanpa Haaland, Dortmund harus kehilangan Mahmoud Dahoud sampai akhir musim karena cedera di laga Der Klassiker lalu. Keduanya menyusul Dan Zagadou, Reus, dan Nico Schulz yang terlebih dahulu dipastikan absen.

Sedangkan Paderborn terpaksa berlaga tanpa Klaus Gjasula karena skorsing. Pemain tuan rumah lainnya yang absen adalah Luca Kilian. Dia harus absen karena cedera.

Perkiraan Susunan Pemain:

Paderborn: Leopold Zingerle; Laurent Jans, Uwe Hunemeier, Sebastian Schonlau, Jamilu Collins; Marlon Ritter, Sebastian Vasiliadis, Kai Proger, Christopher Antwi-Adjei; Dennis Srbeny, Streli Mamba.

Dortmund: Roman Burki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Manuel Akanji; Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro, Emre Can, Axel Witsel; Julian Brandt, Jadon Sancho; Thorgan Hazard.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight