Prediksi Napoli vs Juventus: Tantangan Bianconeri Jaga Jarak Poin

Oleh: Gilang Ramadhan - 25 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Napoli vs Juventus pada pekan 21 Liga Italia 2019/2020 yang digelar Senin (27/1), tim tamu berpeluang meraup 3 poin jika dilihat dari performa dan statistik permainan.
tirto.id - Grande partita pekan 21 Serie A Liga Italia 2019/2020 antara Napoli vs Juventus bakal digelar di Stadion San Paolo pada Senin (27/01/2020) mulai pukul 02.45 WIB. Juventus diprediksi menemui tantangan untuk mempertahankan jarak poin dari Inter Milan.

Bianconeri untuk sementara masih kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 51 poin dari 20 laga. Namun, Inter Milan siap menempel ketat dari posisi dua. Kedua kesebelasan hanya terpaut 4 angka saja.

Sementara Napoli sendiri sedang dalam tren negatif. Hingga pekan 20, Partenopei masih terseok di posisi 11 klasemen dengan koleksi 24 poin. Di samping itu, Napoli selalu kalah dalam 3 pekan terakhir di ajang Serie A.

Dalam duel perdana antar kedua tim musim ini yang berlangsung di Turin, Juventus dibuat kewalahan oleh permainan Partenopei. Sempat tertinggal 1-3, Napoli mampu menyamakan kedudukan menjadi 3-3 sebelum laga usai.

Akan tetapi, keberuntungan menaungi Juventus. Beberapa detik jelang laga bubar, bek Napoli, Kalidou Koulibaly mencetak gol bunuh diri. Terlepas bergantinya pelatih, hasil tersebut tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Juventus.

Apabila ditotal dari 47 duel sebelumnya, Napoi hanya mampu 12 kali mengungguli Juventus, 25 kali menelan kekalahan, serta 10 kali bermain sama kuat.

Laga kali ini juga akan terasa spesial bagi pelatih Juventus, Maurizio Sarri. Pelatih berusia 61 tahun itu sempat melatih Partenopei pada periode 2015 hingga 2018. Keputusan Sarri musim ini untuk melatih Juventus sempat mendapat penentangan dari para fans Napoli. Namun, menurut bek Azzurri, Mario Rui, Sarri akan mendapat sambutan baik di San Paolo.

“Saya pikir Sarri akan mendapat sambutan yang baik atas apa yang pernah dia lakukan. Saya memiliki hubungan yang baik dengan Sarri. Saya memulainya di Empoli, dia adalah pelatih yang mengubah saya,” kata Mario Rui kepada Sky Sport Italia.

“Saya harap dan saya pikir orang-orang Napoli akan menyambutnya dengan baik atas segalanya yang telah dia lakukan,” sambung bek kiri asal Portugal itu.


Napoli masih tampil pincang di lini belakang. Kalidou Koulibaly dan Nikola Maksimovic dipastikan absen. Hal tersebut memaksa Gattuso selaku pelatih menggeser posisi Giovanni Di Lorenzo ke posisi bek tengah. Selain dua bek tengah tersebut, Napoli pun kehilangan sosok Allan di lini tengah.

Di kubu tim tamu, Nyonya Tua kembali tidak akan diperkuat oleh Danilo. Merih Demiral, Giorgio Chiellini, Sami Khedira, dan Mattia De Sciglio juga belum pulih dari cedera.

Perkiraan Susunan Pemain

Napoli (4-3-3): David Ospina; Elseid Hysaj, Kostas Manolas, Giovanni Di Lorenzo, Mario Rui; Fabian Ruiz, Diego Demme, Piotr Zielinski; Jose Callejon, Arkadiusz Milik, Lorenzo Insigne. | Pelatih: Gennaro Gattuso.

Juventus (4-3-1-2): Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Matthijs De Ligt, Alex Sandro; Rodrigo Bentacur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Aaron Ramsey; Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain. | Pelatih: Maurizio Sarri.

Prediksi Pertandingan

Pertandingan diprediksi bakal berjalan ketat sejak menit awal. Kedua kesebelasan sama-sama memiliki rata-rata 57% penguasaan bola, hanya saja Juventus (88%) mencatatkan akurasi umpan yang lebih baik dibanding Napoli (86%).

Sejak kedatangan Gattuso pada akhir Desember silam, Napoli (4.3%) tercatat sebagai tim dengan conversion rate terburuk di liga. Dalam periode yang sama, Bianconeri menjadi tim dengan konversi peluang terbaik (16.9%).

Juventus dalam segi performa, statistik permainan, dan rekor pertemuan memang difavoritkan memetik tiga poin. Akan tetapi, tuan rumah bisa saja memberikan kejutan jika sang juara bertahan tidak waspada.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight