Liga Italia

Prediksi Napoli vs AS Roma di Serie A: Berharap Tuah San Paolo

Oleh: Wan Faizal - 4 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
AS Roma tak terkalahkan dalam tiga kunjungan terakhir ke San Paulo. Giallorossi melumat Napoli dua kali, sisanya saling berbagi poin.
tirto.id - AS Roma akan menjalani laga sulit ke markas Napoli di Stadion San Paolo pada pekan 30 Liga Italia 2019-2020, Senin (6/7/2020) pukul 02.45 WIB. Namun, bukan berarti Giallorossi tak punya peluang karena mereka sebetulnya punya tren bagus ketika bermain di markas Napoli tersebut.

Roma sedang butuh kemenangan setelah mendapatkan dua kekalahan dalam dua pertandingan terakhir. Kalah dari AC Milan di San Siro dan dilanjutkan dengan tumbang atas Udinese di Olimpico adalah hal yang harus diakhiri Roma. Tantangan semakin besar karena misi kebangkitan mereka akan diuji dengan laga tandang ke San Paolo.

Meski begitu, suporter Roma tak perlu terlalu khawatir. Setidaknya jika berpedoman pada tiga kunjungan terakhir ke sana, Roma tak sekalipun menelan kekalahan. Dua kemenangan dan satu hasil imbang adalah capaian Roma pada periode tersebut di San Paolo.

Kemenangan dengan skor 1-3 diraih tim ibu kota pada musim 2015-2016. Semusim kemudian, Roma yang berada dalam tren buruk secara mengejutkan bisa mengalahkan Napoli 2-4. Namun hattrick kemenangan urung dicapai karena musim lalu Roma hanya bisa bermain imbang 1-1 kontra Partenopei.

Fakta tersebut tentu bisa dijadikan motivasi tersendiri oleh skuad Roma. Apalagi mereka sedang butuh kemenangan untuk kembali berjuang merebut posisi ke Liga Champions musim depan.

“Kami masih punya tujuan musim ini dan saya adalah orang pertama yang harus membuat perubahan ketika segala sesuatunya berjalan tidak bagus. Saya masih percaya pada pemain saya dan kami harus terus berjuang hingga akhir,” kata pelatih Paulo Fonseca.

Di sisi lain Napoli pun juga ingin segera bangkit dari kekalahan. Hasil minor di markas Atalanta kemarin membuat ambisi mereka untuk masuk ke Liga Champions semakin berat. Berada di urutan enam, Napoli kini terpaut 15 poin dari Atalanta yang ada di peringkat empat klasemen.

“Kami harus melupakan kekalahan dari Atalanta dan pelatih mengatakan untuk fokus ke pertandingan berikutnya. Kami yakin bisa bermain lebih bagus kontra Roma dan tidak mengulang kesalahan seperti di Bergamo,” tutur pemain Napoli, Stanislav Lobotka.

Napoli tentu harus membuktikan ambisi tersebut. Pasalnya, catatan kandang mereka musim ini tidak terlalu bagus. Dari 14 kali berlaga di San Paolo, skuad asuhan Gennaro Gattuso hanya mengemas enam kemenangan, dua imbang, dan enam kekalahan.

Tiga dari enam pertandingan kandang terakhir Napoli pun berakhir dengan kekalahan. Seperti saat kalah dari Inter Milan, Fiorentina, dan bahkan dari tim seperti Lecce. Hanya saja tren tersebut sudah membaik berkat dua kemenangan beruntun dalam dua laga home terakhir kontra Torino dan Spal.


Kondisi Tim Terkini

Napoli setidaknya akan kehilangan empat pemain untuk laga derbi Della Mole ini. Mereka ialah David Ospina, Allan, Kevin Malcuit, dan Fernando Llorente.

Sedangkan Roma akan ditinggal Diego Perotti karena kartu merah yang ia terima saat kalah dari Udinese. Namun kabar bagusnya, Lorenzo Pellegrini dan Jordan Veretout bisa berlaga kembali setelah selesai menjalani sanksi larangan bermain.

Perkiraan Susunan Pemain:

Napoli: Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Nikola Maksimovic, Kalidou Koulibaly, Mario Rui; Diego Demme, Piotr Zielinski, Fabian Ruiz; Jose Callejon, Hirving Lozano, Arkadiusz Milik.

Roma: Antonio Mirante; Davide Zappacosta, Gianluca Mancini, Chris Smalling, Aleksandar Kolarov; Amadou Diawara, Jordan Veretout; Lorenzo Pellegrini, Henrikh Mkhitaryan, Carles Perez; Edin Dzeko.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight