Kualifikasi Piala Dunia 2022

Prediksi Myanmar vs Jepang: Samurai Biru Waspada Faktor Lapangan

Oleh: Permadi Suntama - 10 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Myanmar vs Jepang di kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (10/9/2019): tim tamu bisa bermasalah karena faktor lapangan.
tirto.id - Tim nasional (Timnas) Myanmar akan menjamu Jepang di Stadion Thuwunna, Yangon, dalam lanjutan matchday 2 kualifikasi Piala Dunia dan Pra Piala Asia 2023, pada Selasa (10/9/2019) pukul 19.20 WIB. Menjelang laga, tim tamu lebih mempersiapkan kondisi nonteknis, seperti lapangan yang tidak begitu bagus.

Kendati demikian, kondisi mental pasukan Miodrag Radulovic tidak begitu bagus jelang menghadapi Jepang. Pasalnya, mereka yang di laga perdana menargetkan untuk meraih kemenangan, justru kalah dengan skor tipis 0-1 menghadapi Mongolia pada Kamis (5/9/2019). Padahal, The White Angels menguasai jalannya laga.

“Kembalinya bermain di Stadion Thuwunna Yangon adalah hal yang positif bagi timnas Myanmar. Mereka tanpa beban untuk memenangi pertandingan, [dalam laga yang memiliki] tingkat yang lebih kesulitan dalam menjalankan tugas yang menakutkan melawan salah satu negara terkuat di sepak bola Asia [Jepang],” tulis laman AFC.

Myanmar yang tampil di kandang sendiri harus bisa memanfaatkan status tuan rumah sebagai motivasi tambahan untuk meraih poin. Pasalnya, mereka telah terbiasa dengan kondisi Stadion Thuwunna. Ini ditambah dukungan dari suporter yang tentu berharap tim andalan mereka mengalahkan salah satu tim terbaik di Asia.



Di lain pihak, para pemain Jepang mengaku was-was dengan kondisi lapangan di Stadion Thuwunna yang tidak sebagus lapangan di Jepang atau Eropa, tempat sebagian pemain mereka berkompetisi. Ritsu Doan, penggawa utama Samurai Biru, menyebut timnya harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi, termasuk jika kondisi lapangan membuat mereka tak bisa menerapkan strategi.

“Jika pertandingan tidak berjalan sesuai rencana, kami harus melakukan penyesuaian yang diperlukan di lapangan. Kami akan menghadapi banyak tekanan di kualifikasi Piala Dunia ini, tetapi kami akan berusaha untuk tidak terlalu banyak bekerja [dalam hal nonteknis] dan fokus pada permainan kami [di atas lapangan],” kata Ritsu Doan dikutip laman resmi Federasi Sepak Bola Jepang.

“Akan ada adegan kala saya harus bekerja keras untuk mencetak gol. Saya merasa terhormat bisa bermain pada tahap ini, tetapi saya tidak boleh terlalu puas dengan hanya bermain. Saya akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan hasil dan membantu tim mencapai tingkat yang lebih tinggi,” tambah pemain PSV Eindhoven tersebut.



Perkiraan Susunan Pemain

Myanmar (5-3-2): Zin Htet Kyaw; Si Thu Aung, Aung Thu, Bo Bo Hlaing, Soe Moe Kyaw, Kyaw Nanda; Zaw Min Tun, Zin Lwin Kyaw, Lin Kyi; Kyaw Ko Ko, Moe Aung Lwin.

Jepang (4-2-3-1): Shuici Gonda; Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo; Kento Hashimoto, Gaku Shibasaki; Ritsu Doan, Takumi Minamino, Genki Haraguchi;; Yuya Osako.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Tuan rumah tak dapat diperkuat pemain andalan Maung-Maung Lwin, karena menerima kartu merah di laga perdana diprediksi akan tampil bertahan sejak awal pertandingan. Mereka pun akan lebih banyak menumpuk pemain di pertahanan sendiri sambil menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.

Di lain pihak, tim tamu yang akan menjalani laga perdananya di kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Pra-Piala Asia 2023, akan tampil menekan sejak awal laga. Memiliki skuad yang lebih bagus, membuat Samurai Biru diunggulkan untuk memenangi pertandingan. Namun, kondisi lapangan yang tidak begitu bagus dapat membuat Jepang sulit mengembangkan permainan.

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight