Bundesliga Jerman

Prediksi Munchen vs Dortmund: Dibayangi Rekor Buruk Niko Kovac

Oleh: Wan Faizal - 6 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Munchen vs Dortmund: Dibayangi Rekor Buruk Niko Kovac
tirto.id - Niko Kovac akan memimpin Bayern Munchen dalam laga krusial perebutan kasta klasemen Bundesliga Jerman melawan Borussia Dortmund pada Sabtu (6/4/2019) di Stadion Allianz Arena. Namun, ada rekor buruk yang membayangi pelatih asal Kroasia itu jelang pertandingan Munchen vs Dortmund.

Sepanjang kariernya sebagai pelatih yang belum berlangsung terlalu lama, Kovac tak punya catatan apik kala menghadapi Dortmund dalam 7 pertandingan terakhir. Dua kemenangan, satu imbang, dan empat kekalahan adalah rekor Kovac saat bersua dengan Dortmund.

Perjumpaan pertama Kovac dengan Dortmund bermula pada 2016 ketika ia mulai melatih di level klub. Saat itu, ia menangani Eintracht Frankfurt setelah sebelumnya melatih Kroasia U21 dan Timnas Senior Kroasia.

Kovac baru mulai melatih Frankfurt pada 8 Maret 2016 menggantikan Armin Veh. Tepat dua bulan kemudian, Kovac merasakan perjumpaan pertama dengan Dortmund dan timnya menang 1-0 lewat gol Stefan Aigner. Pertemuan kedua pada musim berikutnya, Frankfurt kembali menang 2-1 atas BVB.

Tapi setelahnya, catatan buruk Kovac melawan Dortmund dimulai. 15 April 2017, Frankfurt kalah 1-3 ketika bertandang ke Stadion Signal Iduna Park. Satu gol Marco Fabian saat itu hanya menjadi gol hiburan karena Dortmund mencetak tiga gol dari aksi Marco Reus, Sokratis Papastathopoulos, dan Pierre-Emerick Aubameyang.

Head to head Kovac dengan Dortmund menjadi imbang 2-2 saat mereka kalah di Final DFB Pokal 2017. Bermain di Stadion Olimpia Berlin, Ousmane Dembele dan Aubameyang memimpin kemenangan 1-2 Dortmund atas Frankfurt saat itu.

Skor 2-2 menghiasi pertemuan kelima antara Kovac vs Dortmund ketika Frankfurt bermain di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Commerzbank Arena. Hanya saja, dalam pertemuan kedua di markas Dortmund, mereka harus menyerah dengan skor 3-2.

Musim ini, Kovac dipercaya membesut Bayern Munchen. Sayangnya, dalam pertemuan pertama melawan Dortmund bersama Die Roten, Kovac harus menelan kekalahan. Alhasil, rekor pertemuan Kovac dengan Dortmund pun menjadi dua kemenangan, satu imbang, dan empat kali kalah.

Meskipun demikian, ada satu benang merah yang bisa didapat dari catatan tersebut. Kovac tak pernah kalah dari Dortmund ketika memimpin timnya bermain di kandang sendiri. Dua kemenangan serta satu hasil imbang kala masih melatih Frankfurt terjadi saat bermain di Commerzbank Arena.


Maka, jangan salah jika Kovac sangat yakin jika timnya bisa menaklukkan Dortmund nanti. Ditambah, Bayern musim ini punya catatan kandang bagus dengan baru sekali kalah saja di Bundesliga. Kemenangan juga bisa membawa Frank Ribery dan kawan-kawan merangsek ke peringkat pertama dengan keunggulan satu angka dari Dortmund.

“Pertandingan nanti sangat penting dan kami paham akan hal itu. Kami harus bermain sempurna baik dalam menyerang maupun bertahan. Bermain di kandang sendiri, kami menargetkan kemenangan agar bisa memimpin persaingan menuju gelar juara,” kata Kovac yang juga mantan pemain Bayern Munchen ini.

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya