Prediksi Meksiko vs Brasil: Final Piala Dunia U17 2019

Oleh: Wan Faizal - 17 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Meksiko dan Brasil sama-sama bisa menurunkan skuat terbaiknya pada final Piala Dunia U17.
tirto.id - Pertandingan Final Piala Dunia U17 2019 antara Meksiko vs Brazil akan digelar di Stadion Bezerrao, Brasilia, Senin (18/11/2019) pukul 05.00 WIB. Laga ini jelas akan berlangsung menarik karena tuan rumah membawa dendam yang sudah terpatri sejak 2005 lalu.

Kedua tim lolos ke final dengan cara tidak mudah. Brasil melaju ke final dengan cara dramatis ketika berhadapan dengan Perancis di semifinal.

Setelah tertinggal 2 gol di babak pertama, torehan Arnaud Kalimuendo dan Nathanael Mbuku, Brasil membalasnya dengan tuntas di babak kedua. Tiga gol balasan yang dicetak Kaio Jorge, Gabriel Veron, dan Lazaro Vinicius lalu mengakhiri laga dengan skor 2-3.

Sedangkan Meksiko harus menyelesaikan duel semifinal kontra Belanda lewat adu penalti. Bermain imbang 1-1 selama 90 menit, Meksiko menang 4-3 di adu penalti berkat kegemilangan Eduardo Garcia. Kiper Meksiko tersebut menjadi pahlawan usai menepis sepakan 3 pemain Belanda: Mohamed Taabouni, Jayden Braaf, dan Youri Regeer.

Menghadapi Meksiko di final, mengingatkan pada catatan buruk Brasil pada 2005 lalu. Saat itu, Brazil dihajar Meksiko 3-0 berkat gol dari Carlos Vela, Omar Esparza, dan Ever Arsenio Guzman.

Oleh karena itu, skuat Selecao semestinya mewaspadai kekuatan Meksiko di final kali ini. Brasil tentu tak mau mengulang kegagalan pada 2005 lalu.

“Kami sudah paham dengan kekuatan Meksiko. Kami tahu bahwa mereka adalah tim yang hebat. Tapi kami adalah Brasil dan kami punya lima bintang di dada kami. Permainan terbaik harus kami tunjukkan dan membuat sejarah di akhir laga,” kata striker Brasil, Veron, seperti dilansir laman Fifa.

Meksiko pun tak kalah siapnya untuk menghadapi Brasil di pertandingan final ini. Apalagi, dalam sejarah, Meksiko bukan tim sembarangan di level U17. Final Piala Dunia U17 tahun ini adalah yang kali keempat bagi Meksiko.

Pada tiga final sebelumnya, El Tri sukses merebut gelar juara dua kali. Selain tahun 2005, ketika mengalahkan Brasil, trofi lain mereka dapat pada 2011 setelah menumbangkan Uruguay. Sedangkan satu final lain pada 2013 berakhir dengan kekalahan atas Nigeria.

Selain itu, di laga ini Meksiko punya satu kartu as, yakni kiper Eduardo. Di catatan resmi FIFA, Eduardo adalah kiper dengan penyelamatan terbanyak sepanjang gelaran tahun ini (26 saves). Gawang Eduardo pun baru 3 kali kebobolan, selama turnamen berjalan.

Kondisi Tim Terkini

Kedua tim diperkirakan tak banyak mengubah susunan pemain terbaik mereka di laga final. Pelatih Marco Ruiz (Meksiko) dan Guilherme Dalla Dea (Brasil) bisa menurunkan skuat terbaiknya.

Dua striker andalan dari masing-masing tim yakni Kaio (Brazil) dan Efrain Alvarez (Meksiko) akan jadi tumpuan di lini depan. Sejauh ini keduanya sama-sama bisa mencetak empat gol dan masih bersaing di jajaran top skor Piala Dunia U17.

Perkiraan Susunan Pemain:

Meksiko: Eduardo Garcia; Alejandro Gomez, Rafael Martinez, Jose Ruiz, Victor Guzman; Eugenio Pizzuto, Josue Martinez, Bruce El Mesmari; Israel Luna, Efrain Alvarez, Santiago Munoz

Brazil: Matheus Donelli; Yan Couto, Daniel Cabral, Luan Patrick, Henri; Patryck, Diego, Pedro Lucas; Peglow, Veron, Kaio Jorge


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight