Liga Champions 2019

Prediksi Lyon vs Barcelona: Laga Pertama Jadi Kunci Tuan Rumah

Oleh: Wan Faizal - 18 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Berdasarkan catatan pertemuan, tim tamu lebih diunggulkan dalam prediksi Lyon vs Barcelona di 16 besar Liga Champions 2018/2019.
tirto.id - Pertandingan Liga Champions antara Lyon vs Barcelona akan digelar di Stadion Groupama pada Rabu (20/2/2019) pukul 03.00 WIB. Melihat catatan pertemuan dengan Barca, Lyon mesti memanfaatkan laga kandang ini jika tidak ingin mendapatkan kesulitan ketika giliran bertandang ke markas Barcelona di laga kedua nanti.

Dalam tiga pertemuan terakhir dengan Barcelona di kandang sendiri, terbukti bahwa Lyon jarang bisa mendapatkan hasil bagus. Maksimal, mereka hanya bisa dua kali menahan imbang Blaugrana dan sekali menelan kekalahan pada 2001.

Pertemuan terakhir pada 2009 menjadi bukti nyata bahwa Lyon harus menang di laga perdana karena hasil seri di kandang sendiri waktu itu memupus harapan mereka lolos ke fase berikutnya. Ketika itu setelah bermain 1-1 di markas Lyon, Barca menang 5-2 di Camp Nou.

Maka tidak heran jika skuat Lyon begitu bersemangat menyambut duel melawan Barcelona ini. Meskipun sang lawan baru saja kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan Real Valladolid, Lyon berharap dukungan suporter bisa menjadi pembeda.

“Kami bersyukur bisa mendapatkan tiga angka di pertandingan terakhir kami. Melawan Barcelona, kami tentu punya kualitas untuk menandingi mereka meski ada banyak pemain hebat disana. Kami punya kualitas untuk berbuat sesuatu dan juga kami pernah mengalahkan tim-tim besar musim ini,” sebut Leo Dubois.

Yang dimaksud bek Lyon tersebut adalah keberhasilan mengalahkan Manchester City di fase grup dan memberikan kekalahan pertama bagi PSG di Liga Perancis musim ini. Bahkan City kembali nyaris takluk kala giliran bertandang ke markas Lyon. Sebuah hal yang membuat Barcelona mau tak mau harus waspada juga jika tak ingin bekerja ekstra keras di laga kedua nanti.

“Lyon adalah tim berisikan para pemain bagus dan pastinya bisa susah menang di sana. Musim ini mereka telah membuktikannya dengan mampu mengalahkan Manchester City dan PSG. Kami harus sangat berhati-hati karena tidak akan mudah menghadapi tim seperti Lyon,” tutur Ousmane Dembele.




Kondisi Terkini Tim
Lyon justru kehilangan pemain pentingnya macam Nabil Fekir di pertandingan ini. Sang gelandang terpaksa absen karena skorsing dan menjadi kehilangan besar bagi tuan rumah. Selain Fekir, Bruno Genesio bisa menurunkan skuad terbaiknya meski ia harus bersabar menanti kondisi terkini dari Jason Denayer dan Tanguy Ndombele.

“Fekir adalah pemain terbaik Lyon. Tapi saya rasa ada banyak pemain lain di tim mereka yang bisa menggantikannya. Saya sering menonton pertandingan Ligue 1 dan saya juga bermain bersama beberapa pemain Lyon di Tim Nasional Prancis. Mereka adalah pemain yang berbahaya di lapangan,” tambah Dembele.

Dari kubu Barcelona tidak terlalu ada masalah berarti. Memang ada tiga nama seperti Arthur, Jasper Cillessen, dan Thomas Vermaelen yang menderita cedera, namun secara keseluruhan tidak jaterutama ketika seorang Lionel Messi sudah mendapatkan lampu hijau lagi untuk kembali bermain.

Perkiraan Susunan Pemain

Lyon (4-3-3): Anthony Lopes; Leo Dubois, Marcelo, Jeremy Morel, Ferland Mendy; Lucas Tousart, Tanguy Ndombele, Houssem Aouar; Bertrand Traore, Memphis Depay, Moussa Dembele

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergio Busquets, Ivan Rakitic, Arturo Vidal; Lionel Messi, Ousmane Dembele, Luis Suarez

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight