Prediksi Liverpool vs West Ham: Pembuktian Awal Transfer Mahal

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 10 Agustus 2018
Dibaca Normal 2 menit
Liverpool dan West Ham sama-sama menghabiskan banyak dana di bursa transfer musim panas ini.
tirto.id - Liverpool akan melakoni partai perdana Liga Inggris musim 2018/2019 dengan melawan West Ham di Stadion Anfield, Minggu (12/8/2018) pukul 19.30 WIB. Laga tersebut sekaligus menjadi pembuktian awal transfer mahal yang dilakukan kedua klub pada musim panas ini.

Sejak kalah dari Real Madrid di final Liga Champions 2018, manajer The Reds, Jurgen Klopp serius mengembangkan skuatnya dengan bermanuver di bursa transfer. Manajer asal Jerman itu pun disokong dana melimpah hasil penjualan Philippe Coutinho ke Barcelona dengan harga 112,5 juta poundsterling pada Januari lalu.

Suntikan dana tersebut langsung dipergunakan Klopp begitu bursa transfer musim panas dibuka. Fabinho, Naby Keita, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker direkrut sebagai amunisi baru The Reds. Keempat transfer tersebut total memakan biaya 164 juta poundsterling.

Jurgen Klopp mengaku bahwa manuver transfer semahal itu sedang dibutuhkan Liverpool saat ini. Eks pelatih Dortmund itu menyebut skuatnya saat ini dapat bersaing untuk memenuhi ekspektasinya yang tinggi.

“Ekspektasi saya selalu tinggi: melakukan yang terbaik, memastikan semuanya maksimal, mencoba meraih puncak tertinggi. Ini sangat normal bahwa ada satu titik di mana kami menghabiskan lebih banyak uang,” ungkap manajer berusia 51 tahun tersebut dikutip laman resmi klub.

“Dalam beberapa tahun terakhir saya duduk di sini [sebagai manajer] dan mempertahankan perilaku transfer kami: bahwa kami lebih banyak menjual daripada membeli. Tetapi semua itu masuk akal—kami perlu membangun skuat yang cukup kuat dan cukup lengkap untuk menghadapi Liga Primer, dan untuk sesukses mungkin,” imbuhnya.

Skuat asuhan Jurgen Klopp sendiri menunjukkan performa apik selama pramusim. Dari sembilan laga, Mo Salah dan kawan-kawan menang enam kali, imbang dua kali, dan sekali kalah dari Dortmund di turnamen pramusim International Champions Cup 2018.

Sederetan performa apik di pramusim membuat publik Anfield optimistis menghadapi West Ham. Liverpool pun lebih unggul dalam rekor pertemuan kedua tim. Dalam lima pertemuan terakhir, The Reds menang tiga kali, sekali imbang, dan The Hammers menang sekali. Musim 2017/2018 lalu pun West Ham dua kali dibantai 1-4 oleh Liverpool di ajang Liga Primer Inggris.

Kendati memiliki rekor apik, Jurgen Klopp menegaskan bahwa skuatnya tidak akan meremehkan West Ham. Manajer asal Jerman itu bahkan menyebut West Ham tim yang berbahaya. Pasalnya, The Hammers kini diasuh manajer anyar, Manuel Pellegrini. Manajer kelahiran Chili itu pernah merengkuh gelar Liga Primer Inggris bersama Manchester City pada musim 2013/2014.

“Saya kira mereka [West Ham] adalah tim yang sangat ambisius musim ini. Tetapi ketika Anda pergi ke pertandingan seperti ini, di laga kandang perdana Liverpool, itu membuat orang-orang menduga kami akan menang. Kami mengharapkan hal yang sama tapi kami tahu [di pertandingan] nanti ada 95 menit yang brutal. Anda harus bersiap untuk itu. Tentu saja [saya] tidak akan meremehkan West Ham,” ungkap Klopp dalam konferensi pers (10/8).

West Ham sendiri memboyong sederet nama besar untuk memperkuat skuatnya musim ini. Di antaranya adalah Andriy Yarmolenko, Filipe Anderson, dan Carlos Sanchez. West Ham juga merekrut Lukasz Fabianski, kiper dengan penyelamatan terbanyak kedua (137) di Liga Inggris musim lalu. Total West Ham menghabiskan dana 93,5 juta poundsterling pada musim panas ini.

Menanggapi manuver transfer timnya, Pellegrini mengaku bahwa hal tersebut demi masa depan klub. Eks pelatih Real Madrid itu juga memuji pemilik klub West Ham yang royal dalam hal transfer.

“Ketika saya berbicara dengan pemilik [klub], kami setuju bahwa proyek ini demi masa depan West Ham. Mereka ingin menginvestasikan uang, seperti kebanyakan klub di Liga Primer, dan saya pikir kami telah mengembangkan skuat [West Ham],” terang Manuel Pellegrini dikutip laman resmi klub.

Performa West Ham sendiri tidak mengecewakan selama pramusim. Dari tujuh laga, Mark Noble dan rekan-rekan menang empat kali, imbang dua kali (menang penalti lawan Mainz), dan kalah sekali.

Menilik dari manuver transfer dan performa pramusim kedua klub, laga Liverpool vs West Ham diprediksi berjalan menarik. Meksipun The Reds lebih diunggulkan, namun skuat asuhan Manuel Pellegrini menunjukkan keseriusan dalam membangun skuat yang kompetitif. Manuel Pellegrini pun berharap skuatnya mampu memetik hasil dalam lawatan ke Anfield pada Minggu (12/8) malam nanti.

“Saya tahu Liverpool sedang dalam momen yang sangat baik dengan rasa optimis besar dalam apa yang mereka lakukan, tapi dalam sepakbola, hasil bisa ditentukan oleh dua atau tiga hal di pertandingan. Kami memiliki kepercayaan diri yang kuat dan kami akan ke sana [Anfield] dan melihat apa yang bisa kami lakukan,” ujar manajer berusia 64 tahun tersebut.

Jelang laga kontra West Ham, Jurgen Klopp menyebut Jordan Henderson dan Trent Alexander-Arnold berpeluang untuk dimainkan. Keduanya belum lama bergabung dengan skuat seusai membela timnas Inggris di perebutan tempat ketiga Rusia 2018.

Kendati demikian, The Reds dipastikan belum bisa diperkuat Dejan Lovren yang berlaga di final Piala Dunia 2018. Selain itu Fabinho, Joel Matip, dan Joe Gomez juga diragukan tampil karena masalah kebugaran.

“Mereka [Henderson, Alexander-Arnold dan Lovren] dalam kondisi yang berbeda, jika Anda mau tahu. Trent sudah agak lama masuk [skuat], itu hal yang bagus, Hendo masuk dan dalam kondisi prima tapi belum terlalu lama masuk—antara tiga atau empat hari. Tetapi dia Hendo, jadi Anda selalu mempertimbangkan dirinya. Dejan tidak dapat bermain minggu ini, demikianlah,” ucap eks pelatih Mainz tersebut.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Ikhsan Abdul Hakim