Liga Champion 2020-2021

Prediksi Liga Champion Malam Ini: Porto vs Juve & Sevilla-Dortmund

Oleh: Fitra Firdaus - 17 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi Liga Champion malam ini Kamis, 18 Februari 2021. Porto vs Juventus (siaran langsung SCTV) dan Sevilla vs Dortmund (live streaming Vidio).
tirto.id - Pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions 2020/2021 antara Porto vs Juventus di Estadio do Dragao dapat ditonton melalui siaran langsung SCTV pada Kamis (18/2/2021) pukul 03.00 WIB. Pada jam yang sama, Sevilla akan menjamu tim kuat asal Jerman, Borussia Dortmund. Siapa menang dalam prediksi UCL malam ini?

Leg pertama 16 besar UCL musim ini dibuka dengan kekalahan telak Barcelona atas PSG dengan skor 1-4 di Camp Nou. Dalam laga lain, di Puskas Arena, Liverpool menggasak RB Leipzig yang bersatus tuan rumah dengan skor 0-2. Apakah tren tim tamu menang akan berlanjut pada Kamis (18/2/2021) dini hari?


Prediksi Liga Champion Malam Ini Porto vs Juventus


Pertandingan Porto kontra Juventus di Estadio do Dragao akan menjadi arena pembuktian bagi Cristiano Ronaldo. Sudah 18 tahun sejak sang bintang berpetualang ke luar Portugal meninggalkan Sporting CP.

Sepanjang kariernya, Cristiano Ronaldo sudah bertemu Porto 6 kali, 4 ketika berseragam Manchester United dan 2 kala membela Sporting. Hasil yang didapatkan jauh dari kata istimewa dengan 1 menang, 2 seri, dan 3 kalah.

Di samping itu, Ronaldo hanya mampu mencetak 1 gol dalam 6 perjumpaan tersebut. Meskipun demikian, satu-satunya gol CR7 tersebut, yang terjadi di UCL 2008/2009 untuk kemenangan United 0-1, berbuah penghargaan Puskas Award 2009, atau gol terbaik dalam tahun tersebut.

Kini, Ronaldo datang membawa panji Juventus, tim yang sudah dibelanya hampir 3 musim. Misi memberikan gelar Liga Champions untuk Bianconeri diusung oleh sang bintang, mengingat ia sudah sukses bersama Manchester United (1 kali) dan Real Madrid (3 kali).

"Ini laga sangat penting melawan tim yang sangat tangguh. Saya berharap ini jadi pembuka untuk perjalanan panjang ke final. Kami hormat dengan lawan, tetapi berhasrat untuk menang dan 100 persen fokus untuk tujuan tim," papar Ronaldo dikutip UEFA.

Porto dan Juventus punya kesamaan di Eropa, yaitu memiliki pertahanan yang solid. Di fase grup, tim asuhan Sergio Conceicao hanya kebobolan 3 kali, semuanya dari skema berbeda: open play, set pieces, dan tendangan penalti.

Sementara itu, Juventus terbobol 4 kali. 3 di antaranya dari situasi permainan terbuka, dan sisanya dari penalti. Melihat karakter Porto yang cenderung defensif di Eropa dengan pengusaaan bola hanya 42,5 persen, Juve bakal bekerja keras di laga ini.

Conceicao sudah mengindikasikan bahwa timnya bisa saja bermain menyerang pada momen tertentu, kemudian defensif dalam waktu lain untuk menyulitkan Juve. Klub Portugal mencetak 6 dari 10 gol mereka dari open play, 1 dari set pieces, dan 3 penalti.

"Kami punya mental juara siapa pun lawannya. Kami butuh paham bahwa pendekatan (lawan Juventus) mesti berubah dalam momen berbeda, sembari terus berupaya mencari hasil positif," papar Conceicao dikutip UEFA.


Prediksi UCL Malam Ini Sevilla vs Dortmund


Dalam laga lain, Sevilla akan menjamu Borussia Dortmund di Stadion Ramon Sanchez Pijzuan. Jika melihat performa Los Nervionenses yang sedang dalam rentetan kemenangan, catatan BVB tampak tidak meyakinkan dengan 3 hasil berbeda dalam 3 partai terakhir.

Namun, inkonsistensi Dortmund itu bagai tidak berpengaruh untuk Erling Braut Haaland. Sang penyerang asal Norwegia sudah mencetak 6 gol di fase grup Liga Champions musim ini. Selain itu Dortmund termasuk salah satu tim tersubur di UCL dengan 12 gol, lebih baik dari Sevilla (9 gol).

"Level peluang yang diciptakan Dortmund dalam setiap laga dan kemampuan sepak bola mereka sulit dilakukan banyak tim. Borussia punya banyak pemain level atas di setiap lini, tapi kami ingin mengalahkan tim seperti mereka," kata Julen Lopetegui, pelatih Sevilla, dikutip UEFA.

Sevilla dan Dortmund baru bertemu dalam 1 kesempatan di fase grup Liga Eropa 2010/2011. Setelah menang 0-1 di Westfalen, Los Rojiblancos imbang 2-2 ketika tampil di kandang sendiri.

Namun, Sevilla juga layak waspada dengan sejarah. Hanya sekali dalam 6 dekade terakhir klub Andalusia itu bisa lolos dari 16 besar UCL, yaitu pada 2017/2018 ketika menyingkirkan Manchester United. Dortmund yang lebih berpengalaman di Liga Champions, menembus final pada 2013, bisa membuat masalah besar.

"Kami sadar harus tampil bagus dalam 2 pertandingan untuk lolos, dan yang pertama adalah kali ini. Kami tim yang punya tujuan sama. Namun, pemain yang lebih berpengalaman punya tugas yang lebih dibandingkan anak muda 16 atau 17 tahun di tim ini," kata pelatih Dortmund, Edin Terzic.


Live Streaming UCL 2021


Seluruh pertandingan 16 besar Liga Champions 2020/2021 dapat ditonton melalui live streaming Vidio Premier. Untuk menikmati layanan ini, penggemar sepak bola perlu mengaktifkan paket berlangganan yang tersedia.

Terdapat 3 pilihan yang bisa digunakan, yaitu Premier Platinum 7 hari (Rp19.000), 30 hari (Rp29.000), atau 1 Tahun (Rp299.000).

Berikut ini jadwal pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions 2020/2021 pada Kamis (18/2/2021).

Kamis, 18 Februari 2021
03.00 WIB

Sevilla vs Dortmund
Ramón Sánchez Pizjuán, Sevilla, Spanyol

Porto vs Juventus
Estádio do Dragão, Porto, Portugal (dapat ditonton di SCTV)

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPION atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight