Prediksi Korea Selatan vs Arab Saudi Final Piala Asia AFC U23 2020

Oleh: Beni Jo - 25 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Final Piala Asia AFC U23 2020 antara Korea Selatan vs Arab Saudi yang digelar Minggu (26/1) diperkirakan berjalan sengit dan ketat sejak sepak mula.
tirto.id - Duel Korea Selatan vs Arab Saudi dalam final Piala Asia AFC U23 2020 digelar Minggu (26/1/2020) pukul 19.30 WIB di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand. Pertandingan dapat disaksikan melalui siaran live Fox Sports, duel ini mempertemukan tim dengan rekor tak terkalahkan melawan pertahanan yang kuat.

Sepanjang gelaran Piala Asia U23 ini, Korea Selatan menjadi satu-satu tim yang mampu tampil sempurna sejak fase grup hingga melangkah final.

Dalam babak penyisihan Grup C, Korsel sukses menyapu bersih semua laga dengan memenangkan tiga pertandingan, yakni melawan China (1-0), Iran (2-1), dan Uzbekistan (2-1).

Pada babak perempat final, tim asuhan Kim Hak-Beom menyingkirkan Yordania dengan skor 2-1. Selanjutnya Australia pun menjadi korban terakhir pada fase empat besar. Jeong Seung-Won dan kolega berhasil menang 2-0 hingga melaju ke final dan akan menghadapi Arab Saudi sebagai ujian terakhir.

"Saya yakin Arab Saudi adalah tim yang sangat tangguh. Mereka mampu ke final, laga ini tidak akan mudah. Namun, dengan persiapan yang kami miliki, saya yakin kami bisa memenangkan gelar," beber Kim Dae-won, salah satu penyerang Korsel, dikutip laman resmi AFC, Kamis (23/1).


Total mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan tiga kali, Korsel pun menuju ke puncak dengan misi meraih gelar untuk pertama kalinya. Anda berhasil merengkuh trofi, maka Ksatria Taeguk bakal mencatatkan sejarah melalui rekor sempurna dengan selalu menang sepanjang turnamen ini berlangsung.

Sementara Arab Saudi juga memiliki keunggulan tersendiri dari sisi pertahanan. Melakoni laga di fase Grup B, anak asuh Saad Alshehri menang dua kali dan sekali imbang.

Usai mengalahkan Jepang 2-1, mereka bermain seri 0-0 dengan Qatar. Penampilan ketiga babak penyisihan pun diakhiri dengan hasil positif, 1-0 atas Syiria.

Lolos dengan status juara Grup B, Mukhtar Ali dan kawan-kawan sukses mengalahkan tuan rumah Thailand 1-0 pada perempat final. Kemudian, Uzbekistan yang menjadi lawan terakhir bagi Arab Saudi saat bertemu di semifinal dikalahkan 1-0.

Melihat hasil sebelum laga puncak, Arab Saudi pun pantas menjadi lawan yang sepadan bagi Korsel. Lini pertahanan yang sangat kuat menjadi kunci utama.

Terbukti, dalam lima laga tersebut, gawang yang dikawal oleh Mohammed Al Yami beserta kompatriotnya hanya sekali jebol lewat sontekan pemain Jepang, Ryotaro Meshino.

"Kami harus melakukan segala yang kami mampu untuk bisa mencapainya karena kami ingin kembali ke Arab Saudi sebagai tim juara turnamen ini," ungkap Saad Alshehri, sang arsitek tim.

Perkiraan Susunan Pemain

Korsel (4-4-2): Song Beom-Keun; Lee You-Hyeon, Kang Yoon-Sung, Lee Sang-Min, Jeong Tae-Wook; Kim Dong-Hyun, Kim Dae-Won, Jeong Seung-Won, Um Won-Sang; Oh Se-Hun, Won Du-Jae.

Arab Saudi (4-3-3): Mohammed Al Yami; Abdulbaset Al-Hindi, Hassan Al Tambakti, Khalid Dubaysh, Saud Abdulhamid; Sami Al-Najei, Abdulrahman Ghareeb, Ayman Al-Khulaif; Ali Al-Hassan, Mukhtar Ali, Abdullah Al-Hamdan.

Baca juga artikel terkait FINAL PIALA ASIA AFC U23 2020 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight