Prediksi Inggris vs Kroasia di Liga Negara Eropa: Duel Hidup Mati

Oleh: Gilang Ramadhan - 17 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga Inggris vs Kroasia dalam laga pamungkas Grup 4 Liga Negara Eropa 2018 di Stadion Wembley sekaligus akan menjadi duel hidup mati bagi kedua tim.
tirto.id - Stadion Wembley akan menggelar laga pamungkas Grup 4 Liga A Liga Negara Eropa 2018/2019 antara Inggris vs Kroasia, Minggu (18/11/2018) pukul 21.00 WIB. Pertandingan ini sekaligus menjadi duel hidup mati bagi kedua kesebelasan.

Hingga matchday tiga, kedua tim mengoleksi poin yang sama, yakni empat poin. Inggris berada di posisi kedua karena unggul agregat gol. Kemenangan menjadi harga wajib bagi kedua kesebelasan untuk setidaknya bertahan di Liga A dan tidak terdegradasi. Jika bermain imbang, Kroasia harus turun kasta dan merelakan Spanyol yang memimpin klasemen dengan 6 poin maju ke putaran selanjutnya.

Inggris bermodal kemenangan 3-0 melawan Amerika Serikat pada laga persahabatan tengah pekan lalu. Dalam pertandingan terakhir di Liga Negara Eropa, pasukan Gareth Southgate berhasil mempermalukan Spanyol di markas mereka dengan skor 3-2.

Akan tetapi, Raheem Sterling dan kawan-kawan tak mampu menang dalam dua pertemuan terakhir kontra Kroasia. Kekalahan paling menyakitkan The Three Lions tentu saat harus tersingkir pada semifinal Piala Dunia 2018 dari Kroasia lewat babak perpanjangan waktu dengan skor 2-1. Sementara di perjumpaan terakhir di Rijeka, kedua kesebelasan bermain imbang tanpa gol.

Di pihak lawan, Kroasia baru saja meraih hasil positif dengan sukses menang 3-2 atas Spanyol. Setelah terjadi saling balas gol, gol Tin Jedvaj pada menit 92 berhasil memberi kemenangan perdana pasukan Zlatko Dalic di ajang Liga Negara Eropa. Tiga gol tersebut juga menjadi tiga gol pertama Kroasia di ajang ini, usai dalam dua pertandingan sebelumnya selalu gagal mencetak gol.


Ini akan menjadi pertemuan ketiga pelatih Inggris, Gareth Southgate dengan Kroasia di tahun ini yang tak sekalipun dia berhasil membawa Inggris menang atas Kroasia. Kendati demikian, Southgate beranggapan timnya menjalani musim yang brilian.

"Kami sangat bergairah untuk move on dari Piala Dunia secepat mungkin," kata Southgate. "Ini adalah tahun yang luar biasa. Apa pun yang terjadi pada hari Minggu [menang 3-0 atas AS], kami telah memiliki kemajuan nyata dan mencapai beberapa hasil luar biasa serta kinerja yang sangat baik dan banyak pemain baru yang masih muda."

Tak berbeda, bek utama tim nasional Kroasia, Dejan Lovren juga mengungkapkan keyakinannya jelang laga pamungkas nanti. Masih menurutnya, duel kontra Inggris nanti akan sangat panas. “Saya pikir ini akan menjadi pertandingan panas melawan mereka. Mereka tahu kami dan apa yang bisa mereka harapkan dari kami, dan kami tidak akan lari dari itu," ucap Lovren.

Kedua tim telah bertemu sebanyak 9 kali sepanjang sejarah. Inggris unggul tipis dengan memenangkan empat duel, Kroasia sukses menang tiga kali dan sisanya berakhir dengan hasil imbang. Diprediksi, laga Inggris vs Kroasia akan berlangsung ketat dan terbuka. Performa kedua tim yang sedang dalam tren positif menjadi salah satu faktornya, namun Inggris diyakini akan meraih hasil positif terlepas dari faktor bermain di kandang sendiri.

Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA EROPA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan