Prediksi Indonesia U23 vs Thailand: Ujian Berat di Merlion Cup 2019

Oleh: Wan Faizal - 6 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Indonesia U23 vs Thailand dalam laga uji coba Merlion Cup 2019 yang digelar di Singapura.
tirto.id - Timnas Indonesia U23 akan mengawali aksinya di Merlion Cup 2019 dengan menghadapi Thailand di Stadion Jalan Besar, Singapura, Jumat (7/6/2019) pukul 15.30 WIB.

Menghadapi favorit juara tentu saja tidak akan mudah. Namun ini bisa menjadi tolok ukur bagaimana kesiapan pasukan Indra Sjafri untuk target yang lebih besar.

Piala Merlion 2019 memang hanya sebuah laga uji coba. Hanya empat negara yang tanding di edisi tahun ini yakni Indonesia, Thailand, Filipina, dan tuan rumah Singapura.

Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dan Singapura bersua Filipina. Pemenang dari dua laga tersebut akan bertemu di final sedangkan yang kalah bermain di perebutan juara ketiga pada 9 Juni nanti.

Laga ini menjadi sangat penting bagi Indonesia. Bukan karena mereka ingin berprestasi di sini, tapi untuk target yang lebih tinggi. Yakni ajang SEA Games 2019 yang berlangsung di Filipina mulai 30 November mendatang. Sebab menurut penuturan Coach Indra, skuad yang ada di Piala Merlion ini juga ditujukan untuk ajang SEA Games mendatang.

Beberapa waktu lalu, tim Indonesia sudah melakoni satu pertandingan uji coba, yakni melawan PSIM yogyakarta. Hasilnya adalah 0-0 dan sang pelatih menolak untuk menyampaikan pendapatnya mengenai pertandingan tersebut.

“Saya tidak mau bicara puas atau tidak puas terkait hasil uji coba tersebut. Karena maksut kami menggelar laga ini hanya untuk mengetahui kelemahan kami yang masih harus dievaluasi,” ujarnya di situs resmi PSSI.


Sementara Thailand malah menargetkan juara di ajang uji coba ini. Thailand memang berisikan para pemain berkualitas dan pelatih Alexandre Gama meminta anak asuhnya bisa membuktikan diri di lapangan.

“Kami sebenarnya hanya punya waktu lima hari untuk persiapan. Tidak masalah karena para pemain yang dipanggil sebagian besar sudah lama bermain bersama. Hanya ada beberapa muka baru saja di tim ini. Mengenai target, saya ingin memenangi event ini,” tegas Gama.

Untuk bisa mengalahkan Thailand, Indonesia tentu saja harus menjadikan kesuksesan di Piala AFF U22 lalu sebagai modal. Kala itu Indonesia yang tidak diunggulkan malah bisa mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di final dan membawa pulang gelar juara.

Kondisi Tim Terkini

Gama sudah menentukan para pemain yang ia bawa ke Singapura. Sejumlah pemain muda andalan seperti Saringkan Promsupa, Ekanit Panya, dan Korrawit Tasa tetap menjadi bagian dari skuad ini.

Berbeda dengan Indonesia yang sampai artikel ini dibuat belum menentukan siapa saja 22 pemain yang dibawa ke Singapura. Sebelumnya ada 26 pemain yang bergabung di TC di Yogyakarta dan Indra sudah berencana mencoret empat pemain.

“Untuk siapa saja pemain yang saya pulangkan, tunggu saja kabarnya di situs resmi PSSI,” ujar Indra.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Rizky Dwi; Luthfi Kamal, Sani Rizki, Gian Zola; Witan Sulaeman, Feby Eka, Osvaldo Haay

Thailand (4-3-3): Korraphat Nareechan; Shinnaphat Leeaoh, Saringkan Promsupa, Apisit Sorada, Sarayut Sompim; Ekanit Panya, Siwakorn Sangwong, Jaroensak Wonggorn; Kannarin Thawomsak, Sittichok Paso, Korrawit Tasa.

Baca juga artikel terkait MERLION CUP 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Yantina Debora