Liga Italia

Prediksi Genoa vs AC Milan, Tuan Rumah Tanpa Piatek

Oleh: Gilang Ramadhan - 20 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laga Genoa vs AC Milan dalam jadwal pekan 201 Liga Italia Serie A 2018/2019 akan dilangsungkan pada Senin (21/1/2019).
tirto.id - Pekan ke-20 Liga Italia Serie A 2018/2019 akan menghadirkan pertandingan seru antara tuan rumah Genoa ve AC Milan pada Senin (21/1/2019) di Stadion Luigi Ferraris. Tuan rumah akan tampil tanpa penyerang andalan sekaligus top skor sementara klub, Krzysztof Piatek lantaran akumulasi kartu kuning.

Hingga pekan ke-19, Krzysztof Piatek telah mengoleksi 13 gol di ajang Serie A. Jumlah tersebut hanya kalah 1 gol dari capocannoniere sementara, Cristiano Ronaldo (14). Total, pemain yang didatangkan Genoa pada musim panas tahun lalu itu telah cetak 19 gol dari 21 penampilan di semua kompetisi. Termasuk 6 gol dari dua laga yang ia mainkan di kompetisi Coppa Italia.

Ketergantungan atas jasa Piatek tentu membuat pusing sang pelatih, Cesar Prandelli. Hanya ada nama Christian Kouame yang dapat diandalkan mengisi kekosongan Piatek di lini serang. Selain itu, Prandelli diyakini akan menggeser Daniel Bessa ke lini depan untuk menemani Kouame.

Performa Genoa di bawah Prandelli juga masih buruk. Sejak menangani Genoa per 7 Desember 2018 silam menggantikan Ivan Juric, Rossoblu hanya meraih satu kemenangan, dua hasil imbang serta dua kali menelan kekalahan. Torehan tersebut membuat Genoa masih terseok di posisi 14 klasemen sementara dengan 20 poin.

Mantan pelatih tim nasional Italia itu juga mengungkapkan Piatek adalah jenis striker komplit yang belum pernah ia tangani sepanjang berkarier sebagai pelatih.

"Dia memiliki semua karakteristik penting yang diperlukan dan merupakan striker paling lengkap yang pernah saya ajak bekerja sama. Ia memiliki kekuatan, fisik yang bagus, stamina, intuisi, dan cara membaca permainan. Dia bisa bermain sebagai penyerang tengah, tetapi juga penyerang pendukung," ujar Prandelli.

“Saya pikir Piatek adalah salah satu striker terbaik di Eropa. Saya pasti bisa melihatnya bermain untuk Real Madrid, Barcelona atau Milan.”



Kabar santer menyebut Piatek akan berlabuh ke AC Milan pada bursa transfer musim dingin ini dengan nilai mencapai 35 juta euro plus Alen Halilovic. Namun kesepakatan tersebut bakal terjadi setelah AC Milan rampung menyelesaikan perihal kepindahan Gonzalo Higuain ke Chelsea.

Higuain sendiri diragukan tampil pada laga ini. Terbaru, Rossoneri harus kehilangan sang kapten, Alessio Romagnoli, Franck Kessie dan Davide Calabria. Gennar Gattuso juga menjalani skorsing satu laga buah dari konfrontasinya terhadap wasit usai laga Supercoppa kontra Juventus.

Kedua kesebelasan sendiri telah berjumpa sebanyak 101 kali. Di mana AC Milan yang sementara duduk di posisi 6 klasemen membukukan 49 kemenangan, 33 hasil imbang, serta 19 kekalahan lawan Genoa. Dalam lima pertemuan terakhir, AC Milan hanya sekali kalah dari Genoa (3 Menang 1 Imbang 1 Kalah). Namun Rossoneri hanya menang 2 kali dalam 5 laga terakhir (2 Menang 2 Kalah 1 Imbang).

Berdasarkan beberapa catatan di atas, diyakini Genoa akan kesulitan menghadapi sang tamu. Namun faktor banyaknya pilar utama Milan yang absen seharusnya menjadi keuntungan Genoa yang bermain di depan pendukung sendiri, kendati akan sulit. Prediksinya, AC Milan minimal akan meraih satu poin tanpa menutup kejutan yang dapat diciptakan Genoa.



Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan