Prediksi Genoa vs AC Milan: Misi Kedua Tim Putus Krisis

Oleh: Gilang Ramadhan - 5 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Prediksi pertandingan Liga Italia Serie A 2019 Genoa vs AC Milan di Stadion Luigi Ferraris pada Minggu (6/10/2019) pukul 01.45 WIB
tirto.id - Pertandingan pekan ke-7 Liga Italia Serie A 2019/2020 antara Genoa vs AC Milan akan berlangsung di Stadion Luigi Ferraris pada Minggu (6/10/2019) pukul 01.45 WIB.

Duel ini diprediksi berjalan sengit lantaran kedua kesebelasan mengusung misi memutus tren negatif dalam 6 pekan perdana.

Genoa dan AC Milan hanya terpaut 1 poin di papan klasemen sementara. Rossoblu berada di peringkat 18 dengan torehan 5 poin dari 6 laga perdana, sedang AC Milan bertengger dua tingkat di atasnya.

Selain itu, isu pemecatan pelatih kedua kesebelasan, Aurelio Andreazzoli dan Marco Giampaolo juga memanas.

Satu-satunya kemenangan Genoa di bawah arahan Andreazzoli musim ini terjadi pada pekan kedua melawan Fiorentina. Kendati bermain apik, hasil yang diraih Genoa di empat laga berikutnya hanya 1 kali hasil imbang dan 3 kekalahan. Termutakhir, mereka kalah telak 0-4 dari Lazio.

Dengan keuntungan bermain di kandang sendiri, mantan pelatih Empoli itu mengingatkan anak asuhnya untuk bermain dengan antusias tinggi. Menurutnya, membangkitkan semangat para suporter adalah tujuan utama di laga ini.

"Saya ingin Genoa yang mampu membangkitkan semangat para penggemar, seperti yang mereka lakukan di dua pertandingan kandang pertama," kata mantan pelatih Empoli itu pada konferensi pers.

"Dan saya berharap mereka untuk mengekspresikan antusiasme yang mereka tunjukkan sepanjang minggu dalam pelatihan, selalu mempertimbangkan lawan. Tapi tujuan kami adalah untuk membuat penggemar kami aktif," lanjutnya.


Tekanan yang sama juga dipikul oleh Marco Giampaolo usai menukangi AC Milan awal musim ini. Eks bos Sampdoria ini belum memberi kontribusi berarti kepada Rossoneri dari 6 laga awal.

Usai tak terkalahkan dalam 3 pekan pertama, Krzysztof Piatek dan kolega justru selalu menelan 3 kekalahan beruntun dalam 3 laga terakhir.

Sempat mengatakan metode taktiknya tidak cocok untuk para pemain AC Milan, Giampaolo kali ini kukuh dengan pendiriannya. Dia menjelaskan satu-satunya cara untuk membungkam kritik adalah dengan bekerja keras dan memenangkan laga ini.

"Saya terbiasa menderita dalam sepak bola, tetapi tidak ada gunanya menanggapi tuduhan tentang saya dengan menciptakan lebih banyak drama. Saya hanya bisa membungkam kritik melalui pekerjaan. Itulah satu-satunya cara saya tahu. Saya akan terus melakukan hal-hal dengan cara yang selalu saya lakukan," ujar Giampaolo dikutip dari football-italia.

"Baik atau buruk, ini adalah metode yang membuat saya melatih Milan. Saat ini, setiap pertimbangan bagi saya keliru. Orang-orang melihat semuanya hitam. Ada sedikit keseimbangan dan banyak orang sudah menghakimi kami. Kita harus memenangkan pertempuran ini dengan keterlibatan mental semua orang."

Jika melihat rekor 5 pertemuan terakhir kedua tim, AC Milan lebih diunggulkan untuk meraih kemenangan. Rossoneri tidak pernah kalah dari 5 duel terakhir kontra Genoa di ajang Serie A, menang 4 kali serta 1 kali bermain imbang. 2 kemenangan di antaranya dipetik di Luigi Ferraris.

Perkiraan Susunan Pemain

Genoa (3-4-1-2): Ionut Radu; Cristan Romero, Christian Zapata, Domenico Criscito; Paolo Ghiglione, Lasse Schone, Ivan Radovanovic, Lukas Lerager, Antonio Barreca; Andrea Pinamonti, Christian Kouame. | Pelatih: Aurelio Andreazzoli.

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Davide Calabria, Leo Duarte, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Rade Krunic, Ismael Bennacer, Hakan Calhanoglu; Suso, Krzysztof Piatek, Rafael Leao. | Pelatih: Marco Giampaolo.

Prediksi Pertandingan

Masalah utama AC Milan musim ini adalah lini depan yang dipimpin Kryzstof Piatek. Kendati memiliki rata-rata 3.5 tembakan per laga, dua gol yang diciptakan oleh penyerang asal Polandia di musim ini semuanya berasal dari titik penalti. Terlebih, 50 persen gol Rossoneri musim ini berasal dari kaki Piatek.

Giampaolo menegaskan tidak akan mencadangkan Piatek. Namun lini pertahanan mereka juga rapuh, terlebih dengan absennya Mateo Musacchio dan Mattia Caldara. Diyakini, Leo Duarte dan Alessio Romagnoli akan menjadi duet lini belakang.

Sementara di kubu tuan rumah, Genoa hanya akan kehilangan Stefano Sturaro. Andrea Pinamonti dan Christian Kouame akan menjadi andalan di lini serang. Jika ditotal, jumlah dua gol pemain tersebut sama dengan jumlah gol keseluruhan skuat AC Milan musim ini.

Prediksinya, AC Milan dengan persentase 56% possession ball akan mendominasi jalannya laga. Akan tetapi Genoa dengan keuntungan bermain di kandang, kemungkinan akan mampu mengimbangi permainan AC Milan dan memetik hasil imbang.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight