Championship 2019/2020

Prediksi Brentford vs Fulham Final Playoff EFL Liga Inggris 2020

Oleh: Ikhsan Abdul Hakim - 4 Agustus 2020
Dibaca Normal 1 menit
Final play-off EFL Championship Liga Inggris 2019/2020 menghadirkan antara Brentford vs Fulham untuk promosi ke EPL musim depan.
tirto.id - Final play-off EFL Championship menghadirkan duel sengit antara Brentford vs Fulham di Stadion Wembley, Rabu (5/8/2020) pukul 01.45 WIB. Dalam laga ini, The Bees berkesempatan lolos ke tingkat teratas Liga Inggris (kini Premier League) setelah absen selama 73 tahun.

Di era Premier League, Brentford belum pernah merasakan kompetisi teratas Liga Inggris. Klub yang bermarkas di Griffin Park tersebut terakhir berlaga di strata tertinggi pada 1946/1947.

Musim ini, Brentford punya peluang terbuka untuk lolos ke Premier League. Meskipun sempat terancam degradasi dan finis di papan tengah musim lalu, skuad asuhan Thomas Frank menunjukkan perkembangan luar biasa pada 2019/2020.

Said Benrahma dan rekan-rekan tampil impresif dan mengancam promosi otomatis West Bromwich Albion hingga pekan terakhir.

Sayangnya, The Bees menelan kekalahan mengejutkan dari Stoke City dan Barnsley di pekan terakhir. Brentford pun harus puas masuk babak play-off dan lolos ke final setelah menyingkirkan Swansea City.

Prediksi Jelang Laga

Kesuksesan Brentford musim ini tidak bisa dilepaskan dari pertahanan solid yang digawangi David Raya. Lini pertahanan merupakan perkembangan The Bees yang paling signifikan dibanding musim lalu.

Pada musim ini, Brentford hanya kebobolan 38 gol, paling sedikit kedua di liga. Berkat pertahanan tersebut, anak asuh Frank menorehkan selisih gol +42 atau paling tinggi di liga bersama Leeds United.

Di lini serang, The Bees pun mempunyai trio BMW (Benrahma, Mbuemo, Watkins) yang mencetak 59 dari 83 gol Brentford di Championship musim ini.

Jelang menghadapi Fulham, Brentford bermodal rekor apik lawan The Cottagers. Ollie Watkins dan rekan-rekan tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terkini lawan Fulham. Musim ini, The Bees pun dua kali mengalahkan Fulham dengan skor 2-0 dan 1-0.

Meskipun demikian, Fulham dipastikan datang ke Wembley tetap dengan kepala tegak. Manajer Fulham, Scott Parker, mengaku anak asuhnya tidak menghiraukan rekor tersebut karena taruhan laga ini adalah promosi ke Premier League.

"Ini adalah final play-off, dan mengingat dinamika sebuah final play-off, dinamika stadion [Wembley], apa yang dipertaruhkan, saya pikir semua jejak dari pertandingan sebelumnya akan hilang di laga ini," ucap Parker dikutip laman resmi Fulham.

Parker diprediksi akan kembali mengandalkan kombinasi Neeskens Kebano dan top skor Championship, Aleksandr Mitrovic di lini serang. Sedangkan di kubu Brentford, trio BMW dipastikan menjadi senjata utama Thomas Frank untuk menjebol gawang Fulham.


Di lain sisi, duel kiper masing-masing tim patut disimak dalam laga ini. Brentford dan Fulham tercatat memiliki salah dua kiper terbaik Championship musim ini.

The Cottagers memiliki Marek Rodak yang menorehkan 14 clean sheets dan 76,7% penyelamatan dari 33 pertandingan.

Sedangkan Brentford mempunyai David Raya yang menorehkan 16 clean sheets dan 74% penyelamatan dari 46 pertandingan.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Ikhsan Abdul Hakim
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Ikhsan Abdul Hakim
Penulis: Ikhsan Abdul Hakim
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight