Prediksi Borussia Dortmund vs Mainz: Waspadai Kebangkitan Tim Tamu

Oleh: Wan Faizal - 16 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Dortmund vs Mainz: tuan rumah berpotensi unggul, tetapi tim tamu memiliki catatan cukup baik saat melakoni laga tandang.
tirto.id - Borussia Dortmund diperkirakan akan mendapatkan perlawanan sengit dari Mainz saat laga pekan 32 Liga Jerman 2019-2020, di Signal Iduna Park, Kamis (18/06/2020) pukul 01.30 WIB.

Pasukan Achim Beierlorzer kini sedang berjuang menghindari degradasi, sehingga kemungkinan akan memberikan bahaya bagi skuad tuan rumah.

Apalagi, Mainz sedang kecewa. Pada akhir pekan lalu, dalam laga sengit antara tim papan bawah, mereka malah menelan kekalahan di kandang, dengan skor 0-1, saat menjamu Augsburg.

Tertinggal oleh gol cepat Florian Niederlechner di menit pertama, usaha Mainz untuk menyamakan kedudukan tidak menemui hasil sampai laga usai.

Hasil itu membuat Mainz kini tertahan di posisi 15 klasemen Liga Jerman, yang merupakan batas akhir aman dari degradasi, dengan koleksi 31 poin.

Dua tim di bawahnya yakni Fortuna Dusseldorf dan Werder Bremen hanya terpaut tiga poin, yang artinya, Mainz tidak boleh lengah di laga ini.

Dortmund boleh saja diunggulkan di laga ini. Namun, Mainz pun berpotensi bangkit. Di sejumlah laga terakhirnya, Mainz berhasil memperbaiki performanya usai menderita kekalahan.

Terakhir kali Die Nullfunfer menderita kekalahan beruntun adalah pada akhir Januari lalu. Ketika memasuki bulan Februari 2020, Mainz selalu bisa bangkit dari kekalahan di laga berikutnya, baik dengan meraih kemenangan ataupun imbang.

Pelatih Dortmund, Lucien Favre juga mengakui potensi bahaya Florian Muller dan kawan-kawan.

"Mainz memang kalah dari Augsburg, tetapi menurut saya mereka bisa saja menang 3-0. Mereka punya kekuatan yang menakutkan di barisan depan dan sangat berbahaya," kata Favre, seperti dilansir laman resmi Bayern.

"Mainz akan mengerahkan segalanya melawan kami pada saat kami masih ingin meneruskan tren kemenangan," tambah dia.

Di sisi lain, skuad Dortmund sangat mungkin bermain tanpa motivasi tinggi. Tiket Liga Champions sudah pasti mereka dapatkan. Sedangkan upaya mengejar gelar juara Liga Jerman, sudah hampir mustahil karena Bayern Munchen berpeluang besar mengalahkan Werder Bremen.

Mainz sebenarnya tidak terlalu bagus dalam hal kuantitas gol. Mereka kini baru mengoleksi 39 gol sepanjang musim, dan jumlah itu hanya lebih bagus dari Schalke (36 gol), Union Berlin (37 gol), Werder Bremen (35 gol), Paderborn (34 gol), serta Fortuna Dusseldorf (33 gol).

Meskipun begitu, 24 gol mereka atau 62 persen, tercipta ketika Mainz bermain di kandang lawan. Artinya, mereka masih berpotensi membahayakan gawang Dortmund.

"Saat melawan Augsburg, masalah utama kami adalah susahnya mencetak gol. Setelah kebobolan sebenarnya kami punya banyak peluang mencetak gol. Jika tidak bisa mencetak gol, maka jangan pernah mengharapkan kemenangan," kata pemain Mainz, Karim Onisiwo.

Kondisi Tim Terkini

Empat pemain Dortmund dipastikan absen di laga kontra Mainz, karena mengalami cedera atau kurang fit kondisinya. Mereka adalah Marco Reus, Thomas Delaney, Mahmoud Dahoud, serta Dan Axel Zagadou.

Sedangkan dua pemain tim tamu, yakni Robin Zentner dan Taiwo Awoniyi dibekap cedera. Nama lain seperti Edimilson Fernandes pun akan absen lantaran sanksi akumulasi kartu kuning.

Perkiraan Susunan Pemain:

Dortmund: Roman Burki; Lukasz Piszczek, Mats Hummels, Manuel Akanji; Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro, Emre Can, Axel Witsel; Julian Brandt, Jadon Sancho; Erling Haaland.

Mainz: Florian Muller; Daniel Brosinski, Moussa Niakhate, Jeremiah St. Juste, Ridle Baku; Pierre Kunde, Danny Latza, Karim Onisiwo, Levin Oztunali; Robin Quaison; Jean-Philippe Mateta.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Addi M Idhom
DarkLight