Liga Jerman

Prediksi Borussia Dortmund vs Koln: Modal Sejarah Bagus di Kandang

Oleh: Wan Faizal - 24 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Liga Jerman duel Borussia Dortmund vs Koln pada Sabtu, 25 Januari 2020.
tirto.id - Borussia Dortmund akan menjamu FC Koln dalam lanjutan Liga Jerman 2020 pekan 19 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (25/01/2020) pukul 02.30 WIB. Sejarah bagus mengiringi persiapan tuan rumah jelang laga ini: tak terkalahkan dari lawannya ketika bermain di kandang sendiri.

Dalam sejarahnya, Koln memang sangat sulit memberikan perlawanan terhadap Dortmund. Menurut catatan di situs resmi BVB, mereka tak terkalahkan dalam 19 pertandingan terakhir ketika menjamu Koln. Jumlah itu terbagi atas hasil 15 kemenangan dan empat kali hasil imbang. Ini merupakan catatan kandang terbaik Dortmund jika dibandingkan ketika melawan tim lain.

Statistik itu tentu sudah termasuk kemenangan yang diraih Dortmund pada laga home terakhir kontra Koln yakni pada 17 September 2017. Saat itu, Dortmund dengan perkasa melumat Koln 5-0 melalui dua gol Maximilian Philipp, dua gol Pierre-Emerick Aubameyang, dan satu gol dari Sokratis Papastathopoulos. Dalam laga itu pun Dortmund mutlak mendominasi dengan penguasaan bola sebesar 74 persen.

Meski diunggulkan, faktanya pelatih Lucien Favre mengaku tak terlalu peduli. Koln boleh saja punya masa lalu yang kelam setiap kali bertandang ke Signal Iduna Park. Namun, performa mereka sedang bagus dengan empat kemenangan beruntun dari Wolfsburg, Werder Bremen, Eintracht Frankfurt, dan Bayer Leverkusen.

“Koln adalah tim yang sangat stabil. Mereka solid dan mengandalkan banyak pemain muda. Perpaduan di tim mereka juga berjalan sangat bagus,” ujar Favre di situs resmi klub.

Sementara itu, persiapan serius tentu dilakukan oleh pasukan Markus Gisdol. Tidak pernah mudah bertandang ke Dortmund dan ditambah fakta bahwa mereka belum terkalahkan di kandang sendiri musim ini. Di sisi lain, sejauh ini Koln baru bisa mendapatkan dua kemenangan tandang saja yakni atas Freiburg dan Frankfurt.

Namun, di laga ini Koln tidak hanya akan berhadapan dengan sejarah buruk di Dortmund dan performa away mereka musim ini. Tim asuhan Favre sedang on fire ditambah dengan hadirnya striker muda seperti Erling Haaland. Keberhasilan Haaland mencetak hattrick dalam 22 menit pada debutnya pekan lalu tentu menjadi alarm tersendiri bagi Koln.

“Dortmund punya banyak pemain hebat. Ada Jadon Sancho, Thorgan Hazard, dan Marco Reus. Siapa pun yang bermain, mereka menawarkan kualitas hebat. Sekarang mereka juga punya Haaland yang memberikan opsi berbeda di lini depan,” terang Gisdol.

Kondisi Tim Terkini

Dortmund tidak bisa menurunkan Dan Zagadou serta Thomas Delaney yang masih mengalami cedera. Di sisi lain, menyusul hattrick yang ia buat pekan lalu, tentu akan menarik menanti apakah Haaland akan dipasang sejak awal atau kembali main di babak kedua.

Sementara dari kubu Koln, Gisdol kehilangan Lasse Sobiech dan Christian Clemens karena cedera. Nama lain seperti Marco Hoger memberikan kabar bagus setelah ia sembuh dari cedera yang dialami pekan lalu.

Perkiraan Susunan Pemain:

Dortmund: Roman Burki; Lukasz Piszczek, Manuel Akanji, Mats Hummels; Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro, Axel Witsel, Julian Brandt; Jadon Sancho, Marco Reus; Erling Haaland

Koln: Timo Horn; Kingsley Ehizibue, Sebastian Bornauw, Rafael Czichos, Noah Katterbach; Ellyes Skhiri, Jonas Hector; Jan Thielmann, Ismail Jakobs, Mark Uth; Jhon Cordoba


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight