Prediksi Borussia Dortmund vs Freiburg Liga Jerman 1 Desember 2018

Oleh: Fitra Firdaus - 30 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Bertarung untuk mempertahankan posisi puncak klasemen Liga Jerman pada Sabtu (1/12/2018), prediksi Borussia Dortmund vs Freiburg mengarah pada kemenangan tuan rumah.
tirto.id - Pertandingan Borussia Dortmund vs Freiburg dalam lanjutan jadwal Liga Jerman pekan ke-13 digelar pada Sabtu (1/12/2018) pukul 21.30 WIB. Bertarung di Signal Iduna Park, tuan rumah berupaya menjaga selisih 4 poin dari pesaing terdekat di klasemen Bundesliga.

Borussia Dortmund saat ini ada di posisi puncak klasemen Liga Jerman dengan koleksi 30 poin. Selain berbeda jauh dari Borussia Moenchengladbach, mereka juga unggul 9 angka dari tim paling potensial menggusur BVB, Bayern Munchen.

Kali ini, lawan pasukan Lucien Favre adalah Freiburg yang ada di peringkat ke-11. Tim tamu hanya meraih 1 kemenangan dalam 7 partai terakhir, imbang empat kali, dan tumbang dua kali. Pelatih Christian Streich bisa saja menggunakan formasi empat atau tiga bek, tergantung situasi.

Favre sendiri, dikutip situs resmi Dortmund pada Kamis (29/11) menuturkan, "(Freiburg) tim yang terorganisasi dengan baik, sangat kompak, dan bisa memainkan berbagai sistem beragam."

Terlepas dari hasil buruk yang dialami Freiburg belakangan, mereka bisa mengalahkan Gladbach 3-1 dan Bayern Munchen 1-1. Oleh karenanya, Dortmund yang baru saja bermain imbang 0-0 dengan Brugge pada Kamis (29/11) layak waspada. Rotasi pemain juga kemungkinan diterapkan.

Mario Gotze, Maximilian Philipp, Achraf Hakimi, Jadon Sancho, hingga Jacob Bruun Larsen dapat dipasang dalam starting XI. Terutama Sancho, yang musim ini sudah melepaskan 6 assist. Sementara di depan, Paco Alcacer kemungkinan bisa menjadi supersub yang efektif, dengan torehan 9 golnya di Bundesliga.




Perkiraan Susunan Pemain
Borussia Dortmund (4-2-3-1): Roman Burki; Lukasz Piszczek, Manuel Akanji, Dan Axel Zagadou, Achraf Hakimi; Thomas Delaney, Axel Witsel; Jadon Sancho, Marco Reus, Jacob Bruun Larsen; Mario Gotze

Freiburg (4-4-2):
Alexander Schwolow; Pascal Stenzel, Manuel Gulde, Dominique Heintz, Christian Gunter; Mike Frantz, Janik Haberer, Robin Koch, Gian Luca Waldschmidt; Lucas Holer, Nils Petersen

Rekor Head to Head (H2H)
Dalam lima pertemuan terakhir, Borussia Dortmund mencatatkan 3 kemenangan dan 2 seri dengan Freiburg. Namun, dalam dua persuaan paling belakangan, BVB tak pernah bisa menaklukkan tim asuhan Streich.

27-01-2018 Borussia Dortmund vs Freiburg 2-2
09-09-2017 Freiburg vs Borussia Dortmund 0-0
25-02-2017 Freiburg vs Borussia Dortmund 0-3
23-09-2016 Borussia Dortmund vs Freiburg 3-1
07-02-2015 Freiburg vs Borussia Dortmund 0-3

Prediksi Pertandingan
Berdasarkan statistik Whoscored, Borussia Dortmund mencatatkan penguasaan bola hingga 55,6 persen, terbaik kedua di Bundesliga. Namun, urusan ketajaman, tim ini sangat efektif. Mereka mencetak 23 gol hanya dari 17,5 tembakan perlaga.

Sebaliknya, Freiburg memiliki penguasaan bola paling sedikit di Liga Jerman, hanya 44,7 persen. Urusan mencetak gol, mereka juga tidak kalah efektif dengan 16 gol hanay dari 13,3 tembakan setiap laga. Namun, pertahanan yang buruk, kebobolan 7 kali dalam 5 partai terakhir akan jadi titik lemah.

Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus