Liga Jerman

Prediksi Borussia Dortmund vs Eintracht Frankfurt: Tim Tamu On Fire

Oleh: Wan Faizal - 13 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Liga Jerman duel Borussia Dortmund vs Eintracht Frankfurt pada Sabtu, 15 Februari 2020.
tirto.id - Borussia Dortmund akan ditantang Eintracht Frankfurt pada pekan ke-22 Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu (15/02/2020) pukul 02.30 WIB. Meski bermain di kandang sendiri, Dortmund tetap tidak bisa meremehkan calon lawannya yang tengah on fire.

Secara rekor pertemuan, BVB memang harus diakui lebih unggul dibandingkan dengan Frankfurt. Bahkan dalam lima pertemuan terakhir, tak ada ampun dari tuan rumah untuk Frankfurt. Pada periode tersebut, Dortmund tercatat menang dua kali dan tiga pertandingan lain berakhir imbang. Menariknya, dua kemenangan tersebut semuanya terjadi di Signal Iduna Park.

Jelang pertandingan ini pun Dortmund masih difavoritkan untuk merebut tiga angka. Ambisi mereka kian besar karena dalam pertandingan terakhirnya kemarin harus takluk 4-3 di markas Bayer Leverkusen. Kekalahan itu menjadi penutup rangkaian tiga kemenangan beruntun Dortmund di Bundesliga 1 sejak awal tahun 2020.

“Melawan Leverkusen kami kebobolan banyak gol dan itu jelas menjadi perhatian kami. Solusinya adalah kami harus terus bekerja keras. Kami kecewa dengan bagaimana jalannya pertandingan di Leverkusen. Dan sekarang kami harus fokus meraih kemenangan di pertandingan berikutnya,” tutur Lucien Favre, juru taktik Dortmund.

Bursa unggulan semakin menempatkan Dortmund sebagai favorit jika melihat sejarah kelam Frankfurt di kandang lawannya itu. Pada 46 laga kontra Dortmund, 33 pertandingan di antaranya sukses dimenangi oleh BVB. Sedangkan Frankfurt maksimal hanya bisa meraih tujuh kemenangan. Bahkan, kemenangan terakhir Frankfurt di Signal Iduna Park terjadi satu dekade lalu, tepatnya pada 7 Februari 2010.

Bertandang ke Signal Iduna Park juga berarti membuat lini belakang Frankfurt lebih waspada. Pasalnya ketajaman Dortmund sedang ganas. Setidaknya ada tiga gol tercipta dalam enam laga home terakhir mereka di Bundesliga. Selain itu dalam 11 laga kandang terakhir kontra Frankfurt, setidaknya ada dua gol yang bisa dikemas oleh Dortmund.

Meski demikian, ada baiknya Dortmund tetap mawas diri jelang pertandingan ini. Boleh saja pasukan Adi Hutter saat ini berada di urutan sembilan dengan 28 poin. Namun sejarak hitung-hitungan angka sebenarnya selisih poin dengan Dortmund tak begitu jauh, yakni terpaut 11 poin dari Roman Burki dan kawan-kawan di peringkat tiga.

Selain itu Frankfurt sedang berada dalam performa yang sangat bagus sejak awal tahun 2020 ini atau masuk putaran kedua. Dari empat laga yang sudah dilakoni, tiga kemenangan didapat atas Hoffenheim, RB Leipzig, dan Augsburg. Sedangkan satu pertandingan lagi berakhir imbang saat bertandang ke markas Fortuna Dusseldorf.

Satu nama yang harus diwaspadai oleh Dortmund dari kubu Frankfurt adalah Timothy Chandler. Sejak posisi mainnya didorong oleh Hutter dari bek kanan ke sayap kanan, ketajaman pemain asal Amerika Serikat ini meningkat drastis. Terbukti dari empat gol yang ia kemas dalam empat laga terakhir Frankfurt. Bahkan saat membantai Augsburg 5-0, Chandler sukses menyumbang dua gol.


Kondisi Tim Terkini

Masih tanpa Marco Reus dan Thomas Delaney, Favre mendapatkan kabar buruk karena ada satu lagi gelandangnya yang mengalami cedera. Ia adalah Julian Brandt yang terpaksa ikut absen dalam laga ini karena cedera engkel.

Sementara dari tim tamu ada dua pemain yang absen karena cedera yaitu Gelson Fernandes dan Marco Russ. Satu pemain lagi dikabarkan tidak terlalu fit kondisinya karena cedera paha, yakni Lucas Torro, gelandang Frankfurt asal Spanyol.

Perkiraan Susunan Pemain

Dortmund: Roman Burki; Manuel Akanji, Dan Axel Zagadou, Mats Hummels; Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro, Emre Can, Axel Witsel; Thorgan Hazard, Jadon Sancho; Erling Haaland.

Frankfurt: Kevin Trapp; Almamy Toure, Makoto Hasebe, Martin Hinteregger, Evan Ndicka; Dominik Kohr, Stefan Ilsanker, Timothy Chandler, Filip Kostic; Mijat Gacinovic, Andre Silva.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight