Copa America 2019

Prediksi Bolivia vs Venezuela: Misi Sulit ke Perempat Final

Oleh: Beni Jo - 21 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Venezuela dapat lolos ke perempat final dengan syarat: menang 4 gol tanpa balas atas Bolivia dan laga Peru vs Brasil berakhir imbang tanpa gol.
tirto.id - Duel Bolivia vs Venezuela pada laga ketiga Grup A Copa America 2019 akan digelar pada Minggu (23/6/2019) pukul 02.00 WIB di Stadion Belo Horizonte. Venezuela yang berhasil mencatatkan clean sheet dalam dua pertandingan sebelumnya membutuhkan empat gol pada laga ini.

Dari dua kali laga di Copa America 2019 yang telah dilalui, Venezuela mampu clean sheet dua kali ketika bermain imbang 0-0 saat melawan Peru dan Brasil. Hingga kini, gawang yang dikawal oleh Wuilker Farinez itu masih belum kebobolan.

Namun, lini depan, tim berjuluk La Vinotinto ini juga masih tumpul dengan tidak mampu menjebol gawang lawang.

Laga ketiga ini bisa menjadi ujian terakhir bagi sektor serangan Venezuela untuk membuktikan kapasitasnya. Dalam dua duel sebelumnya, tim asuhan Rafael Dudamel itu memasang Salomon Rondon sebagai target man di depan dan terbukti tidak mampu membobol gawang lawan sekalipun.

Dudamel sendiri sempat menyatakan bahwa skor 0-0 melawan Brasil adalah hasil bersejarah untuk sepak bola negaranya. Tetapi ia tetap menyerukan untuk mengambil langkah berikutnya menjelang pertandingan melawan Bolivia.

"Hari ini sangat penting, tetapi hasil ini akan memiliki nilai nyata di pertandingan berikutnya. Jika kami tidak lolos babak grup, hasil ini tidak akan berguna," ungkap pelatih 46 tahun itu, seperti dikutip dari laman resmi CONMEBOL, Jumat (21/6/2019).

Peluang lolosnya Venezuela ke perempat final memang bisa dikatakan sangat menipis. Namun, Yangel Herrera dan kawan-kawan masih mempunyai asa jika mampu mengalahkan Bolivia dengan skor minimal 4-0 dan berharap laga antara Peru vs Brasil berakhir imbang tanpa gol.

Venezuela saat ini menghuni peringkat ketiga dengan raihan dua angka tanpa mencetak gol dan kebobolan. Sementara Brasil dan Peru sama-sama mengoleksi empat poin. Tim Samba berada di puncak dengan selisih tiga gol tanpa balas.

Melihat catatan di atas, maka Rafael Dudamel perlu untuk mengasah lini depannya dengan mencetak empat gol tanpa balas dan disertai hasil imbang tanpa gol antara Peru vs Brasil. Dengan begitu, kemenangan ini akan mengantarkan mereka lolos dan unggul produktivitas satu gol atas Brasil yang mengumpulkan tiga.

Bolivia sendiri dalam dua kali laga yang dijalani selalu kebobolan tiga gol. Kalah 0-3 atas Brasil dan 1-3 atas Peru. La Verde pun sudah pupus harapannya menuju perempat final karena belum mampu meraih satu poin.

Kesempatan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan bagi Venezuela untuk bermain lepas dan mengincar banyak gol atas tim asuhan Eduardo Villegas itu. Namun, mereka pantas kembali mengasah lini depannya agar bisa menjebol gawang lawan.

Perkiraan Susunan Pemain

Bolivia (4-2-3-1):
Carlos Lampe; Diego Bejarano, Luis Haquin, Adrian Jusino, Marvin Bejarano; Raul Castro, Samuel Galindo; Erwin Saavedra, Leonel Justiniano, Alejandro Chumacero; Marcelo Moreno Martins.

Venezuela (4-5-1): Wuilker Farinez; Roberto Rosales, Jhon Chancellor, Mikel Villanueva, Luis Del Pino; Junior Moreno, Jefferson Savarino, Yangel Herrera, Tomas Rincon, Jhon Murillo; Salomon Rondon.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Beni Jo