Prediksi Belanda vs Inggris: Menanti Lawan Portugal di Final UNL

Oleh: Wan Faizal - 6 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Belanda vs Inggris dalam semifinal UEFA Nations League 2019 di Estadio Dom Afonso Henriques, Portugal.
tirto.id - Belanda dan Inggris akan berduel memperebutkan satu tiket tersisa menuju Final UEFA Nations League di Estadio Dom Afonso Henriques, Portugal, Jumat (7/6/2019) pukul 01.45 WIB.

Pemenang dari laga ini sudah dinanti Portugal yang berhasil melibas Swiss dengan skor 3-1 dalam pertandingan pada Kamis (6/6/2019) dini hari.

Pertemuan Belanda vs Inggris menjanjikan pertandingan yang menarik. Kedua tim mengalami perkembangan pesat dalam beberapa waktu terakhir. Inggris sukses melangkah sampai semifinal Piala Dunia 2018.

Sedangkan Belanda bisa mengembalikan harga dirinya di UEFA Nations League setelah gagal masuk ke putaran final Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Maka, tidak heran jika keduanya kompak bersikap merendah dan memuji lawan jelang laga ini. Namun di sisi lain, kedua tim juga sangat percaya diri bisa menembus partai final dan membawa pulang trofi juara.

“Inggris mengalami perkembangan yang bagus sebagai sebuah tim, begitu juga dengan kami. Di lapangan, mereka punya pemain hebat di segala posisi. Sektor depan mereka punya kecepatan dan menarik untuk disaksikan. Tapi sekali lagi, kami pun percaya diri bisa memenangi pertandingan nanti,” urai Virgil van Dijk yang baru saja meraih trofi Liga Champions bersama Liverpool.

Inggris sendiri ingin menjadikan momentum ini sebagai langkah bagus untuk merengkuh gelar juara. Maklum saja, meski menahbiskan diri sebagai kiblat sepakbola, faktanya Timnas Inggris kering prestasi.

Satu-satunya prestasi beken yang mereka raih hanya pada 1966 lalu, yakni trofi Piala Dunia di kandang sendiri.

Gareth Southgate, manajer Inggris, menegaskan bahwa timnya memang mematok gelar juara di ajang ini. Performa mereka selama babak grup pun cukup bagus dengan sukses mengalahkan Spanyol dan Kroasia.

“Akan menjadi sebuah hal besar bagi kami semua disini untuk mulai memenangi trofi bagi negara kami. Kebiasaan seperti ini ingin kami mulai ciptakan. Kami tahu ekspektasi yang tertuju pada kami dan para pemain pun sepakat bahwa tim ini harus menjadi juara,” kata Southgate.


Kondisi Tim Terkini

Kekhawatiran akan kondisi kebugaran para pemain yang berlaga di Liga Champions menguap. Southgate menegaskan bahwa hanya Jordan Henderson saja yang masih harus berlatih terpisah terkait kondisinya.

Sedangkan nama-nama lain seperti Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Danny Rose, Dele Alli, Eric Dier, dan Harry Kane dinyatakan bisa turun berlaga.

Hal yang sama ditegaskan Ronald Koeman dari kubu Belanda. Virgil van Dijk dan Georginio Wijnaldum yang terlambat bergabung dengan timnas dikatakan bisa turun bertanding. Pastinya, hal ini hanya akan menambah kekuatan Der Oranje di laga nanti.

“Wijnaldum dan Van Dijk memang terlambat bergabung dengan tim. Tapi tak ada keraguan mengenai kesiapan mereka untuk laga nanti,” terang Koeman dalam sesi konferensi pers.

Perkiraan susunan pemain:

Belanda (4-3-3): Jasper Cillessen; Denzel Dumfries, Virgil van Dijk, Matthijs De Ligt, Daley Blind; Donny van de Beek, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Steven Bergwijn, Ryan Babel, Memphis Depay

Inggris (4-3-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Ben Chilwell; Declan Rice, Eric Dier, Ross Barkley; Jadon Sancho, Raheem Sterling, Harry Kane

Baca juga artikel terkait UEFA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Yantina Debora