Liga 1 2019

Prediksi Barito Putera vs PSM: Misi Aman dari Ancaman Degradasi

Oleh: Beni Jo - 10 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Barito Putera vs PSM di Liga 1 2019 pada Rabu (11/12): tuan rumah berpeluang menang sekaligus mencari tempat aman dari zona degradasi.
tirto.id - Pertandingan Barito Putera vs PSM dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 pekan ke-32 diselenggarakan Rabu (11/12) pukul 18.30 WIB di Stadion Demang Lehman, Martapura. Menjalani akhir musim dan masih terancam degradasi, Laskar Antasari bakal melakoni tiga laga sisa yang cukup berat. Usai menjamu PSM, mereka bakal bersua Persipura dan Arema.

Posisi Barito Putera belum cukup aman untuk musim depan. Memiliki tiga pertandingan sisa, Laskar Antasari baru mengoleksi 37 poin di klasemen Liga 1 2019. Mereka hanya berjarak 4 angka dari Badak Lampung FC sebagai tim teratas yang menghuni zona degradasi. Selain itu, Barito selisih 7 poin dengan Kalteng Putra selaku juru kunci.

Dengan maksimal 9 poin yang bisa didapat, praktis Barito bisa terancam oleh tim-tim di bawah mereka. Ujiap berat bakal dilakoni oleh anak asuh Djajang Nurjaman. Pekan ini, mereka dijadwalkan menjamu PSM. Laga ini penting untuk merespons kekalahan 0-3 atas Semen Padang di depan publik sendiro.

Berikutnya, Rizky Pora dan kawan-kawan dijadwalkan bertandang ke markas Persipura, Senin (16/12). Sebagai penutup musim, Laskar Antasari meladeni Arema FC di kandang, Minggu (22/12). Menilik daftar calon lawan, Barito pun perlu tampil konsisten dan terus meraih angka.

"PSM Makassar adalah tim papan atas, yang memiliki materi pemain handal di setiap lini. Jadi kita harus mewaspadai mereka," ujar Djanur, melansir laman resmi klub, Selasa (10/12).

Menurut Djanur, Barito Putera bakal tampil maksimal dalam pertandingan ini melihat rekor negatif yang dimiliki oleh tim tamu dalam laga tandang.

"Secara materi pemain, mereka bagus semua, walaupun hasil away PSM kurang bagus. Tapi kita tetap harus persiapkan tim secara maksimal," kata mantan pelatih Persib dan Persebaya itu.

Musim ini, Juku Eja memang mempunyai catatan negatif saat tampil dalam laga tandang. Mereka sejauh ini belum sekali pun memenangkan pertandingan di markas lawan.

Duel melawan Laskar Antasari memang dapat menjadi kesempatan bagi Marc Klok dan kolega untuk memecahkan rekornya. Namun, PSM juga berpeluang memperpanjang raihan buruk itu.



Prediksi Jalannya Pertandingan

Meladeni PSM, Laskar Antasari berpeluang besar dapat meraih tiga poin melihat catatan negatif Juku Eja dalam laga tandang.

Namun, kekalahan telak kontra Semen Padang dapat menjadi pelajaran berharga bagi tuan rumah. Diprediksi, mereka akan bermain dengan lebih hati-hati apalagi lawannya kali ini adalah PSM.

Sedangkan Juku Eja yang belum juga mampu mematahkan rekor tanpa kemenangan di laga away, dapat dikatakan punya kesempatan terakhir untuk menutup musim setidaknya dengan catatan pernah menang di luar kandang. Pasalnya, usai laga ini, pertandingan tandang terakhir bakal dilakoni di markas Persib.

Perkiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Adhitya Harlan; Andri Ibo, Cassio de Jesus, Donni Monim, Rony Beroperay; Bayu Pradana, Kosuke Uchida, Rizky Pora; Samsul Arif, Francisco Torres, Rafael Silva.

PSM Makasar (4-4-2): Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Hasyim Kipuw, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Marc Klok, Rizky Pellu, Raphael Maitimo, Rasyid Bakri; Amido Balde, Ezra Walian.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight