Liga Spanyol

Prediksi Barcelona vs Leganes, Kemenangan Berikutnya di Camp Nou?

Oleh: Beni Jo - 18 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Bertanding pada pekan ke-22 jadwal La Liga Spanyol, prediksi Barcelona vs Leganes pada Senin (21/1/2019) pukul 02.45 WIB di Stadion Camp Nou mengarah pada kemenangan telak tuan rumah.
tirto.id - Pertandingan La Liga Spanyol antara Barcelona vs Leganes digelar pada Senin (21/1/2019) pukul 02.45 WIB di Stadion Camp Nou. Setelah menggasak Levante di tempat yang sama, diprediksi Barca bisa mengungguli tamunya pada laga kali ini.

Barcelona kini menghuni posisi puncak klasemen sementara La Liga dengan 43 poin, masih unggul lima angka atas peringkat kedua Atletico Madrid. Klub asal Catalunya itu sudah menang dalam 13 pertandingan, jumlah kemenangan tertinggi di Liga Spanyol 2018/2019 hingga pekan ke-19. Total gol yang mereka ciptakan juga tertinggi di La Liga, dengan 53 gol dan kebobolan sebanyak 20 kali.

Sedangkan Leganes menghuni peringkat ke-13 dengan raihan 22 angka, terpaut 21 poin dengan Barca. Youssef En-Nesyri dan kawan-kawan menang dalam lima laga dengan tujuh kali hasil imbang dan tujuh pertandingan pula mengalami kekalahan. 17 gol sudah dicetaknya musim ini dengan 21 kali gawangnya kebobolan.

Pada pertandingan terakhir sebelum menjamu Leganes, Barca sukses menggasak tamunya Levante dengan skor cukup mencolok 3-0 di Stadion Camp Nou (17/1). Blaugrana harus menunggu selama 30 menit untuk bisa membobol gawang tim tamu lewat lesakan gol Ousmane Dembele. Satu menit kemudian Dembele kembali menjebol gawang Aitor Fernandez sebelum digenapi oleh Lionel Messi pada menit ke-54. Dengan hasil ini, Barca dipastikan lolos ke perempatfinal Copa del Rey 2019.

"Saya benar-benar ingin meraih piala ini. Saya ingin meraihnya setiap musim. Saya sudah pernah meraihnya dan saya tidak mau berhenti," ujar Ivan Rakitic dilansir Marca Jumat (18/1).

Sementara itu Leganes dalam laga terakhirnya jelang pertandingan melawan Barca, di luar dugaan mampu mengalahkan Real Madrid di Estadio Municipal de Butarque. Bermain di kandang sendiri, tuan rumah mencetak gol tunggal lewat Martin Braithwaite. Los Galacticos pun tidak mampu membalas gol tuan rumah hingga laga berakhir dengan skor 1-0. Meskipun menang, Los Pepineros gagal melaju ke babak 8 besar karena kalah agregat 1-3.

"Braithwaite melakoni debutnya sebagai pencetak gol di babak pertama dan Leganés membuat Real Madrid dalam kesulitan pada babak kedua tetapi aksi hebat kiper Keylor Navas mampu menyelamatkan timnya dari kebobolan lebih," bunyi pernyataan Leganes dalam laman resmi klub usai laga.

Dalam catatan Whoscored, Barcelona selalu berhasil menang baik pada babak pertama maupun babak kedua dalam enam pertandingan terakhir ketika melawan Leganes di ajang La Liga Spanyol.

Sedangkan Leganes tercatat mengalami kegagalan untuk meraih kemenangan dalam 24 laga dari 25 penampilan terakhir di kandang lawan pada ajang Liga Spanyol. Selain itu, Ivan Cuellar dan kawan-kawan juga gagal mencetak gol dalam 6 dari 8 pertandingan tandang terakhir mereka di La Liga.




Perkiraan Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele

Leganes (3-4-1-2): Ivan Cuellar; Kenneth Omeruo,Dimitrios Siovas, Rodrigo Tarin; Juanfran, Ruben Perez, Recio, Jonathan Silva; Oscar Rodriguez; Guido Carillo, Youssef En-Nesyri

Prediksi Pertandingan
Leganes tercatat mampu melakukan serangan dari sektor kiri sebanyak 42%. Catatan ini merupakan angka tertinggi di Liga Spanyol. Sementara saat bermain away, mereka juga mempunyai rekor 40% menggencarkan alur serangan dari sektor kiri ini. Maka, menghadapi Blaugrana di Camp Nou, tim tamu diprediksi akan memanfaatkan Jonathan Silva dan Mikel Vesga untuk menyuplai umpan bagi Youssef En-Nesyri.

Sedangkan Barca yang bermain di kandang sendiri, tercatat mampu melancarkan pola serangan yang direncanakan oleh Ernesto Valverde hampir merata dari semua lini. 36% dari sektor kiri, 31% dari lini tengah, dan 33% dari kanan. Namun, raihan dari sektor tengah merupakan angka tertinggi di Liga Spanyol hingga kini. Kemungkinan, tuan rumah akan menggunakan Lionel Messi sebagai tandem yang cukup kuat bagi Luis Suarez di lini depan mereka.




Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Beni Jo