Prediksi Augsburg vs Borussia Dortmund: Pelajari Kekalahan Terakhir

Oleh: Wan Faizal - 18 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pelajaran berharga didapat skuad Dortmund pada laga di WWK Arena musim lalu. Saat itu mereka harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1.
tirto.id - Borussia Dortmund akan bertandang ke markas Augsburg di WWK Arena pada laga perdana putaran kedua Liga Jerman 2019-2020, Sabtu (18/01/2020) pukul 21.30 WIB. Kewaspadaan tinggi harus ditunjukkan tim tamu karena dalam kunjungan terakhirnya kesini harus berakhir dengan kekalahan.

Pelajaran berharga didapat skuad Dortmund pada laga di WWK Arena musim lalu. Saat itu mereka harus mengakui keunggulan tuan rumah dengan skor 2-1. Dua gol Ji Dong Won saat itu membuka keunggulan Augsburg sebelum Paco Alcacer memperkecil skor.

Padahal saat itu Dortmund lebih menguasai pertandingan. Total 72 persen ball possession bisa mereka dapatkan berbanding 28 bagi tuan rumah. Sayangnya, BVB kalah dalam hal efektivitas penyelesaian akhir. Tercatat dalam laga tersebut Dortmund bisa melepaskan 17 tembakan sedangkan Augsburg hanya sembilan tembakan saja.

Kekalahan tersebut tentu harus dijadikan catatan oleh Lucien Favre. Kabar bagusnya, sang pelatih sudah siap dengan kemungkinan bahwa apa yang terjadi musim lalu bisa lagi terjadi malam ini. Sehingga, berbagai perbaikan terus dilakukan sang pelatih untuk memastikan kali ini mereka yang keluar sebagai pemenang.

“Kami tidak bermain bagus disana pada musim lalu sedangkan Augsburg bermain dengan semangat tinggi. Kami tahu apa yang akan menanti kami disana. Untuk itu kami harus melakukan persiapan yang bagus karena target kami adalah membawa pulang kemenangan,” ujar Michael Zorc, Direktur Olahraga Dortmund.

Sebenarnya, hasil musim lalu tidak bisa dijadikan patokan 100 persen terkait kans kedua tim. Pasalnya Dortmund selama ini lebih sering menang atas Augsburg. Contohnya saja dalam lima pertemuan terakhir ketika Dortmund bisa menang tiga kali, imbang sekali, dan satu kekalahan didapat musim lalu.

Sementara itu dari kubu Augsburg, mereka sangat antusias dalam menyambut laga perdana di putaran kedua ini. Lawan yang datang adalah tim besar seperti Dortmund dan dikabarkan tiket sudah terjual habis. Artinya, tinggal bagaimana skuad asuhan Martin Schmidt memanfaatkan situasi tersebut di lapangan.

“Ya, pastinya harapan besar tertumpu pada kami di laga ini. Tapi berhadapan dengan Dortmund, lini belakang kami harus bisa membuat para striker mereka tidak nyaman,” ujar Schmidt.

Pada pertemuan pertama musim ini Augsburg dibantai 5-1 oleh Dortmund. Saat itu Florian Niederlechner membawa tim tamu unggul 0-1 ketika laga baru berjalan 31 detik. Tapi setelahnya Dortmund mengamuk dan mencetak lima gol balasan melalui Alcacer (dua gol), Jadon Sancho, Marco Reus, dan Julian Brandt.

Kondisi Tim Terkini

Jelang laga ini kabar bagus diberikan Favre terkait kondisi para pemainnya. Hampir seluruh pemain berada dalam kondisi fit, termasuk rekrutan baru seperti Erling Haaland. Hanya ada tiga pemain yang masih cedera yakni Thomas Delaney, Marcel Schmelzer, dan Tobias Raschl.

Demikian halnya dengan Augsburg. Hanya tiga nama yang absen dari laga kontra Dortmund nanti. Mereka adalah Simon Asta (cedera ligamen), Sergio Cordova (masa pemulihan cedera), dan Iago (panggilan Timnas Brazil U23).

Perkiraan Susunan Pemain:

Augsburg: Tomas Koubek; Stephan Lichtsteiner, Jeffrey Gouweleeuw, Tin Jedvaj, Philipp Max; Daniel Baier, Rani Khedira, Ruben Vargas, Marco Richter; Fredrik Jensen; Florian Niederlechner

Dortmund: Roman Burki; Dan Axel Zagadou, Manuel Akanji, Mats Hummels; Achraf Hakimi, Raphael Guerreiro, Axel Witsel, Julian Brandt; Jadon Sancho, Thorgan Hazard; Marco Reus


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight