La Liga Spanyol

Prediksi Athletic Bilbao vs Barcelona: Sandungan Sang Penguasa

Oleh: Beni Jo - 9 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Athletic Bilbao vs Barcelona pada pekan ke-23 Liga Spanyol digelar Senin (11/2/2019) di Stadion San Mames.
tirto.id - Duel antara Athletic Bilbao vs Barcelona pada pekan ke-23 Liga Spanyol digelar Senin (11/2/2019) pukul 02.45 WIB di Stadion San Mames. Laga ini bisa menjadi sandungan bagi Barca yang sudah menguasai puncak klasemen La Liga cukup lama.

Hingga laga ke-22, Barcelona masih menjadi pemegang utama puncak La Liga dengan raihan 50 poin. Namun, mereka kali ini akan menghadapi lawan yang tidak dapat dipandang sebelah mata, Athletic Bilbao.

Catatan sang tuan rumah pun cukup mengesankan. Athletic hanya sekali kalah dalam lima laga kandang terakhirnya di berbagai ajang kompetisi.

Selain itu, tiga kemenangan dibukukan oleh Inaki Williams dan kawan-kawan di depan publik sendiri. Dua laga terakhirnya, mereka juga berhasil clean sheet saat menjamu Sevilla dan Real Betis.

Melihat rekor lawan, Barca patut hati-hati dalam laga kali ini. Pada penampilan terakhirnya, tim Catalan ditahan imbang 1-1 oleh Real Madrid di leg pertama semifinal Copa del Rey. Hasil ini menandai dua kali beruntun anak asuh Ernesto Valverde itu bermain imbang kala menjamu lawan-lawannya.

Selain itu, sang gelandang Arthur juga dipastikan tidak dapat memperkuat tim selama empat laga karena cedera.

"Pemain asal Brasil itu akan absen membela Barca melawan Athletic, Valladolid, Sevilla, serta leg pertama perempatfinal Liga Champions menghadapi Lyon," demikian pernyataan resmi Barcelona dilansir Sabtu (9/2/2019).

Sementara bagi Athletic, laga melawan Barca bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk mendekati papan atas jika mampu memenangkan pertandingan ini. Apalagi pada laga terakhir di San Mames, mereka berhasil menang 1-0 atas Real Betis.

Namun, dalam 25 pertandingan melawan Barcelona sejak 2011 di semua ajang kompetisi, Athletic hanya menang tiga kali. Sedangkan Barca berhasil mengalahkan mereka sebanyak 18 kali dengan empat laga lainnya berakhir imbang.





Perkiraan Susunan Pemain

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iago Herrerin; Oscar de Marcos, Unai Nunez, Inigo Martinez, Yuri Berchiche; Dani Garcia, Benat Etxeberria; Raul Garcia, Iker Muniain, Ibai Gomez; Inaki Williams

Barcelona (4-3-3): Marc Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Sergi Roberto; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Ousmane Dembele, Luis Suarez, Coutinho

Prediksi Pertandingan
Athletic Bilbao memiliki rata-rata penguasaan bola sebesar 49,8% musim ini dengan jumlah total 23 gol. Dengan catatan ini, diprediksi tuan rumah mampu meladeni permainan tim tamu.

Sang juru gedor tuan rumah, Inaki Williams, bisa menjadi ancaman bagi lawan dengan torehan tujuh golnya serta tiga assist di Liga Spanyol 2018/2019.

Sedangkan Barcelona yang datang dengan modal dua kali hasil imbang di dua laga terakhirnya, mempunyai catatan 61,9% penguasaan bola di La Liga musim ini. Angka ini merupakan raihan tertinggi diantara klub-klub lainnya. Selain itu, Blaugrana juga mengumpulkan total 60 gol sepanjang musim ini di Liga.

Meskipun bermain di depan publik lawan, kemungkinan Barca akan tetap mengandalkan kolektivitas para pemainnya demi mencuri poin di San Mames.



Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Iswara N Raditya