Prediksi AS Roma vs Lazio: Momentum I Lupi Bendung Laju Aquile

Oleh: Gilang Ramadhan - 25 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi AS Roma vs Lazio dalam pertandingan bertajuk Derby della Capitale Liga Italia 2019/2020 pekan 21: tim yang bermain dengan tensi tinggi akan memenangkan laga.
tirto.id - Pertandingan pekan 21 Serie A Liga Italia 2019/2020 bertajuk Derby della Capitale antara AS Roma vs Lazio bakal digelar pada Senin (27/01/2020) pukul 00.00 WIB di Stadion Olimpico, Roma. Laga ini merupakan momentum tepat bagi I Lupi untuk membendung laju tak terhentikan tim tamu.

Kedua kesebelasan sedang dalam performa apik. Lazio selalu menang dalam 11 pekan terakhir Serie A. Sementara AS Roma masih dapat memetik 2 kemenangan dalam 3 laga terakhir meski dengan banyaknya pilar inti yang cedera.

Untuk saat ini, Lazio yang berada di posisi 3 klasemen dengan koleksi 45 poin, unggul 7 angka dari AS Roma di peringkat 4. Biancoceleste masih memiliki tabungan satu laga melawan Hellas Verona.

Kedua kesebelasan sama-sama telah tersingkir dari ajang Coppa Italia tengah pekan kemarin. Lazio kalah 0-1 dari Napoli. Sedangkan Giallorossi kalah 1-3 dari Juventus.

Usai kalah dari Napoli, gelandang Lazio, Marco Parolo menyebut hasil tersebut sebagai peringatan kepada timnya. Parolo mengaku timnya sudah memberikan segalanya dan hanya kurang beruntung. Sikap seperti itu ingin dia tunjukkan di laga derby ini.

“Mungkin sedikit keburuntungan akan membantu kami. Kami kecewa telah tersingkir dan ini merupakan sebuah peringatan. Kami sudah memberikan segalanya. Itu penting bagi kami. Kami akan menunjukkan semangat yang sama di laga derby nanti,” beber Parolo usai laga melawan Napoli (22/01).


Beruntung bagi Lazio, skorsing kartu merah yang diterima Lucas Leiva tidak berlaku di Serie A sehingga sang gelandang dapat bermain. Luis Alberto juga sudah kembali dari cedera ringan.

Joaquin Correa yang belum fit 100 persen kemungkinan akan duduk di bangku cadangan. Para pemain Lazio yang dipastikan absen yakni Danilo Cataldi, Adam Marusic, dan Jordan Lukaku.

Kondisi kontras harus dihadapi kubu tuan rumah. Tim besutan Paulo Fonseca masih tidak akan diperkuat oleh Javier Pastore, Henrikh Mkhitaryan, Amadou Diawara, Davide Santon, Davide Zappacosta, dan Nicolo Zaniolo.

Prediksi Pertandingan

Melihat sejarah pertemuan kedua kesebelasan dalam 173 laga resmi, AS Roma unggul dengan 65 kemenangan, 62 hasil seri, serta 46 laga sisanya dimenangkan Lazio. Akan tetapi, dari 6 duel terakhir di Serie A, baik I Lupi atau Aquile sama-sama mencatat 2 kemenangan.

Pertandingan sendiri diprediksi bakal berjalan sangat intens. Dari segi penguasaan bola, AS Roma memiliki catatan yang lebih baik, yakni 55% possession ball per laga, 5 persen lebih baik dibanding Lazio.

Namun, AS Roma harus mewaspadai Ciro Immobile. Penyerang 29 tahun itu telah membukukan 23 gol dari 19 laga di Serie A musim ini. Selain Immobile, Luis Alberto juga patut dijaga ketat. Sang playmaker tercatat sebagai penyumbang assist (11) terbanyak liga saat ini.

Mengacu pada sedikit catatan di atas, Lazio sedikit lebih diunggulkan untuk memetik kemenangan. Meski demikian, tim yang mampu menangani tensi di laga ini diyakini akan menjadi pemenang.

Perkiraan Susunan Pemain Inti

AS Roma (4-2-3-1): Pau Lopez; Leonardo Spinazzola, Gianluca Mancini, Chris Smalling, Aleksandar Kolarov; Bryan Cristante, Jordan Veretout; Cengiz Under, Lorenzo Pellegrini, Justin Kluivert; Edin Dzeko. | Pelatih: Paulo Fonseca.

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha; Luiz Felipe, Francesco Acerbi, Stefan Radu; Manuel Lazzari, Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Leiva, Luis Alberto, Senad Lulic; Joaquin Correa, Ciro Immobile. | Pelatih: Simone Inzaghi.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA 2020 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight