Copa America 2019

Prediksi Argentina vs Kolombia: Langkah Pertama Demi Lionel Messi

Oleh: Wan Faizal - 15 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Pertandingan Grup B Copa America 2019 antara Argentina vs Kolombia akan menjadi ujian pertama bagi Lionel Messi dan kawan-kawan.
tirto.id - Pertandingan Grup B Copa America 2019 akan menyajikan duel seru antara Argentina vs Kolombia pada Minggu (16/6/2019) pukul 05.00 WIB. Laga ini menjadi langkah pertama bagi Argentina demi Lionel Messi yang kiprahnya di tim nasional kerap menuai kritik. Namun, tentu saja Kolombia bukanlah lawan yang bisa dianggap remeh.

Bertarung di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, menghadapi Kolombia jelas menjadi laga yang tidak mudah bagi tim tango meskipun skuad asuhan Lionel Scaloni ini hadir sebagai salah satu unggulan.

Secara khusus, Argentina ingin menjuarai Copa America 2019 demi Messi. Kesuksesan La Pulga di Barcelona bertolak belakang dengan sumbangsihnya untuk tim nasional. Sejauh ini, Messi baru meraih dua trofi bersama negaranya, itu pun bukan di skuat senior, yakni Piala Dunia U20 2015 dan Medali Emas Olimpiade 2008.

Dalam dua edisi Copa America terakhir, Messi sangat kecewa karena Argentina selalu kandas di final oleh Chile. Sergio Aguero selaku kompatriotmya pun bertekad membawa La Albiceleste tampil maksimal di Copa America 2019 demi merengkuh juara untuk Messi.

“Saya lebih senang membantu Messi meraih trofi juara dibanding fokus meraih gelar itu demi diri sendiri,” tandas striker andalan Manchester City yang juga mantan menantu legenda hidup sepakbola Argentina, Diego Armando Maradona, ini kepada Goal.

"Memberikan trofi pada Argentina menjadi mimpi Leo dan juga kami semua. Selama ini ia lebih banyak menderita ketika bermain untuk negaranya,” imbuh Aguero.


Tekad Radamel Falcao

Kolombia juga mengincar poin penuh meskipun yang harus dihadapi di laga perdana adalah tim bertabur bintang, Argentina. Berbekal sejumlah pemain senior macam Radamel Falcao, Juan Cuadrado, David Ospina, juga James Rodriguez, Los Ticos bertekad tampil sebaik mungkin.

Kendati begitu, rekor pertemuan kedua tim tidak berpihak kepada Falcao dan kawan-kawan. Terakhir kali Kolombia mampu mengalahkan Argentina adalah pada 2007 silam. Namun, Falcao menyatakan siap mencuri kesempatan sekecil apapun.

“Kami memahami bahwa kami sudah lama tidak bisa mengalahkan Argentina. Di pertemuan kali ini kami harus lebih efektif dalam menyelesaikan peluang,” tekad bomber AS Monaco yang juga pernah memperkuat Chelsea, Manchester United, Atletico Madrid, Porto FC, dan River Plate ini.

“Kami juga harus tetap fokus dan menerapkan apa yang sudah dipelajari selama latihan. Pertandingan seperti ini bisa ditentukan hanya oleh detail kecil saja,” tambah Falcao dikutip dari Soccerway.

Kondisi Tim Terkini

Seperti biasanya, lini depan tim tango diisi jajaran penyerang ampuh. Selain Messi dan Aguero, Scaloni masih punya Paulo Dybala dan Lautaro Martinez. Besar kemungkinan, Messi dan Aguero akan ditandemkan demi meraih kemenangan atas Kolombia.

Scaloni juga tidak mengalami masalah di sektor-sektor lainnya, termasuk untuk posisi penjaga gawang. Esteban Andrada yang cedera sudah digantikan oleh Juan Musso kendati Scaloni kemungkinan akan menunjuk Franco Amani sebagai kiper utama.

Sementara itu dari Kolombia, pelatih Carlos Queiroz juga bisa menurunkan skuat terbaiknya. Satu-satunya “kendala” yang dihadapi pelatih asal Portugal ini adalah memilih ujung tombak serangan, antara Falcao yang lebih berpengalaman atau Duvan Zapata yang tampil beringas bersama Atalanta di Liga Italia Serie A.


Perkiraan Susunan Pemain

Argentina (4-2-3-1): Franco Armani; Renzo Saravia, Nicolas Otamendi, German Pezzella, Marcos Acuna; Guido Rodriguez, Leandro Paredes; Angel Di Maria, Giovani Lo Celso, Lionel Messi; Sergio Aguero | Pelatih: Lionel Scaloni

Kolombia (4-3-3): David Ospina; Santiago Arias, Davinson Sanchez, Yerry Mina, Willian Tesillo; Wilmar Barrios, Mateus Uribe, Juan Cuadrado; James Rodriguez, Luis Muriel, Radamel Falcao | Pelatih: Carlos Queiroz

Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya