Liga Spanyol 2019

Prediksi Alaves vs Barcelona, Peluang Pertahankan Gelar La Liga

Oleh: Beni Jo - 23 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tim tamu lebih diunggulkan dalam prediksi Alaves vs Barcelona di La Liga Spanyol 2018/2019 pada Rabu (24/4/2019) pukul 02.30 WIB.
tirto.id - Duel Alaves vs Barcelona pada jornada 34 La Liga Spanyol 2018/2019 digelar Rabu (24/4/2019) pukul 02.30 WIB di Stadion Mendizorroza. Blaugrana akan semakin berpeluang meraih gelar La Liga jika mampu meraih tiga poin pada laga di kandang lawan ini.

Tim asuhan Ernesto Valverde itu tinggal membutuhkan dua kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara liga domestik dengan catatan Atletico Madrid juga menyapu bersih kemenangan. Lionel Messi dan kawan-kawan sudah mengumpulkan 77 angka dan masih terpaut sembilan poin dari Atletico sang runner up hingga laga pekan ke-33 kemarin.

Dengan masih menyisakan lima jornada lagi, secara perhitungan Barca akan memastikan trofi La Liga Spanyol 2018/2019 jika mampu memenangi dua duel berikutnya tanpa terpengaruh hasil yang diraih oleh ATM.

Laga pertama yang menjadi kunci Blaugrana adalah meladeni Alaves di markas lawan. Di atas kertas, tim tamu dapat diunggulkan pada pertandingan ini meskipun harus tampil di depan publik lawan.

Dari lima pertemuan terakhir keduanya di semua ajang, Barca selalu tampil sebagai pemenang. Mereka mencatatkan jumlah gol yang mencapai 16 kali dan hanya kebobolan dua gol saja.

Sementara itu juru taktik tim Ernesto Valverde mengaku bahwa Alaves adalah salah satu tim yang bagus musim ini. Klub Basque masih mempunyai kesempatan untuk tampil di Eropa. Namun, dia yakin akan memperoleh kemenangan pada duel tersebut.

"Alaves adalah tim yang bagus dan masih berpeluang untuk tampil di Eropa musim depan. Ini termasuk salah satu laga kami untuk meraih kemenangan," bebernya dilangsir laman resmi klub pada Selasa (23/4).

Tuan rumah sendiri saat ini sudah mengoleksi 46 poin dan selisih enam angka dari zona Liga Eropa. Dari lima laga terakhirnya di semua ajang, Alaves tercatat tidak mampu menang dengan kalah tiga kali dan imbang dua kali.

Di penampilan terakhir, Rodrigo Ely dan kolega hanya bermain seri 2-2 saat menjamu Real Valladolid di Mendizorroza. Sebenarnya, skuat asuhan Abelardo sempat unggul 2-0 pada laga itu, namun harus puas berbagi poin akibat gol balasan Joaquin Fernandez dan penalti Enes Unal di menit 76.




Perkiraan Susunan Pemain

Alaves (4-3-3): Fernando Pacheco; Ximo Navarro, Victor Laguardia, Rodrigo Ely, Ruben Duarte; Darko Brasanac, Tomas Pina, Mubarak Wakaso; Jony, Borja Baston, Diego Rolan

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur, Sergio Busquets, Arturo Vidal; Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho

Prediksi Pertandingan
Barcelona memiliki catatan rata-rata tembakan perlaga sebanyak 14,9 kali dalam data Whoscored musim ini di Liga Spanyol. Raihan ini menempatkan Blaugrana di posisi kedua urusan menembak terbanyak di bawah Real Madrid dengan angka 16,2 tembakan setiap laga. Sedangkan Alaves mencatatkan angka 11,1 tembakan dan menduduki peringkat ke 14 dari 20 klub yang berlaga di Liga Spanyol.

Diprediksi, Valverde akan tetap menampilkan dua pemain andalannya, Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai starter dalam laga yang cukup krusial ini. Sementara tuan rumah dapat memasang empat beknya yang dihuni oleh Ximo Navarro, Victor Laguardia, Rodrigo Ely, serta Ruben Duarte demi membendung serangan para pemain Barca.

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus