Liga Champions 2019/2020

Prediksi Ajax vs Chelsea: Adu Tajam Lini Depan

Oleh: Permadi Suntama - 23 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi Ajax vs Chelsea pada matchday 3 Grup H Liga Champions 2019/2020 bakal berlangsung sengit, terutama dalam hal adu serangan.
tirto.id - Ajax vs Chelsea akan saling berhadapan pada matchday 3 Liga Champions, Rabu (23/10/2019) pukul 23.55 WIB di Johan Cruyff Arena, Amsterdam. Sama-sama mencatat performa positif dalam 5 laga terakhir, duel kedua tim diprediksi bakal berlangsung sengit, terutama dalam urusan mencetak gol.

Ajax yang bertindak sebagai tuan rumah saat ini berada di peringkat 1 klasemen Grup H, dengan poin sempurna, 6. Anak asuh Erik ten Hag sukses mengalahkan Lille dan Valencia, masing-masing 3 gol tanpa balas. Sementara itu, Chelsea sukses meraih kemenangan pertama di Liga Champions 2019/2020 ketika menghadapi Lille. Sebelumnya skuad asuhan Frank Lampard tumbang 0-1 atas Valencia.

Kendati anak asuhnya menunjukkan performa yang impresif, Erik ten Hag mengaku tak akan menerapkan skema menyerang. Ia menyebut Donny van de Beek dan kolega bakal tampil bertahan di awal laga, serta melakukan perubahan strategi seiring situasi yang terjadi di lapangan.

“Kami harus tampil sabar dan tidak mengikuti ritme permainan Chelsea yang cepat. Kami harus memahami kapan harus bermain dalam [bertahan]. Kami harus tampil lebih baik [dari 2 laga sebelumnya] melawan Chelsea. Para pemain juga tahu itu,” tutur Erik ten Hag, dikutip situs web resmi Ajax Amsterdam.

Strategi tersebut terhitung masuk akal apabila melihat performa Chelsea yang menanjak dalam 5 laga teraktual. Kemenangan The Blues atas Newcastle di pekan ke-9 Liga Inggris, membuat Chelsea meraih 5 kemenangan beruntun untuk pertama kali sejak November 2018.

Namun, catatan impresif itu disebut juru taktik Chelsea, Frank Lampard, tak akan memberi dampak besar bagi timnya, selain kepercayaan diri. Untuk meraih poin di kandang Ajax, Tammy Abraham dan kawan-kawan harus bisa memanfaatkan peluang mencetak gol, yang diprediksi akan sulit didapat.

“Mereka [Ajax] telah memulai fase grup dengan memenangkan 2 pertandingan dengan baik [clean sheet], ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya tidak berpikir 5 kemenangan berturut-turut yang kami catat akan berarti banyak [di atas lapangan] selain memberi kepercayaan diri,” tutur Frank Lampard dikutip laman resmi Chelsea.


Prediksi Jalannya Pertandingan

Absennya N’Golo Kante dan Ross Barkley diperkirakan bakal memengaruhi permainan lini tengah Chelsea. Untuk itu, The Blues diprediksi akan mengandalkan sisi sayap dalam menyusun serangan. Apalagi berdasarkan statistik Whoscored, 74 persen serangan Chelsea dibangun dari sayap, terutama sisi kanan yang ditempati oleh Willian dan Cesar Azpilicueta.

Potensi terjadi duel sengit di satu sisi permainan pun sangat besar. Pasalnya, Ajax kerap memulai serangan dari sisi kiri mereka, atau area sebelah kanan Chelsea. Tim yang mampu melakukan transisi dari menyerang ke bertahan, dan sebaliknya diprediksi akan menguasai permainan dan menjadi pemenang laga.

Perkiraan Susunan Pemain

Ajax (4-2-3-1): Andre Onana; Serginho Dest, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico; Donny van de Beek, Lisandro Martinez; Hakim Ziyech, Quincy Promes, David Neres; Dusan Tadic.

Chelsea (4-3-3): Kepa Arizzabalaga; Cesar Azpilicueta, Kurt Zouma, Fikayo Tomori, Marcos Alonso; Matteo Kovacic, Jorginho, Mason Mount; Willian, Tammy Abraham, Callum Hudson-Odoi.


Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight