Prediksi AC Milan vs Inter: Derby Perdana Marco Giampaolo

Oleh: Gilang Ramadhan - 21 September 2019
Dibaca Normal 2 menit
Liga Italia Serie A 2019/2020 antara AC Milan vs Inter Milan akan dilangsungkan pada Minggu (22/9/2019) pukul 01.45 WIB
tirto.id - Laga Derby della Madoninna dalam pekan keempat Liga Italia Serie A 2019/2020 antara AC Milan vs Inter Milan akan dilangsungkan pada Minggu (22/9/2019) pukul 01.45 WIB di Stadion San Siro, Milan. Ini akan menjadi laga derby Milan perdana bagi pelatih Rossoneri, Marco Giampaolo.

Dari tiga pekan awal menangani Rossoneri di Serie A, performa Giampaolo terbilang belum impresif. Kendati sukses dua kali meraih kemenangan usai kalah di pekan perdana kontra Udinese, AC Milan baru mencetak 2 gol. Sisi positifnya, mereka mencetak 2 clean sheet beruntun dari dua laga terakhir.

Namun, Giampaolo dihadapkan pada rekor buruk AC Milan kala bersua Inter di ajang Serie A. Dari 6 derby sebelumnya, I Diavolo Rosso tidak pernah meraih kemenangan, menelan 3 kekalahan serta 3 kali bermain imbang.

Lantaran laga sarat gengsi, Giampaolo sendiri tak ingin AC Milan disebut sebagai underdog. Menurutnya, bertahan menempatkan semua pemain di lini belakang bukanlah pendekatan yang baik di laga ini. Dia ingin timnya menguasai bola.

“Ini adalah sensasi yang akan saya alami besok malam, tetapi mereka telah memberi tahu saya tentang suasana dan gairah yang menerangi duel ini. Ini adalah pertandingan yang sangat penting dan sangat berarti,” ucap mantan pelatih Sampdoria itu.

“Saya tidak tertarik dengan label underdog. Bagi kami, ini adalah laga yang paling sulit dan performa hebat akan dibutuhkan. Anda tidak perlu bertahan ke dalam, saya tidak suka itu. Tujuan kami adalah melakukan banyak hal baik dan Anda harus mengusahakannya. Idealnya, saya tidak ingin menjadi tim yang pasif dan bermain bola panjang, Anda perlu kesadaran taktis,” tegas Giampaolo.

Ambisi Rossoneri untuk memutus tren buruk melawan Nerazzurri diprediksi tidak akan mudah. Pasalnya, Inter di bawah arahan Antonio Conte untuk sementara masih menjadi pemuncak klasemen dengan menyapu bersih tiga laga awal dengan kemenangan.

Selain itu, pasukan Antonio Conte termotivasi untuk kembali ke jalur kemenangan setelah ditahan imbang Slavia Praha di LIga Champions, Rabu (18/9). Conte menyebut laga akan berjalan sulit, tetapi tidak akan menghalangi keinginannya untuk meriah kemenangan.

“Dia adalah pelatih yang bertanggung jawab. Seperti saya, dia adalah pelatih yang siap serta terobsesi dengan sepak bola dan dia layak menjadi bagian dari pertandingan akbar ini. Jelas, ini akan menjadi pertandingan yang sulit tetapi saya selalu ingin menang,” kata Conte.

“Slavia menunjukkan bahwa mereka adalah tim yang kuat. Kami masih kurang pengalaman di Champions League. Kami perlu memahami di mana letak kesalahan kami. Proyek di dalam tim kami lebih difokuskan ke pertumbuhan, bukan hanya tentang penampilan di atas lapangan saja,” tandas Conte.

Perkiraan Susunan Pemain

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Andrea Conti, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez; Franck Kessie, Ismael Bennacer, Hakan Calhanoglu; Suso, Ante Rebic; Krzysztof Piatek. | Pelatih: Marco Giampaolo.

Inter (3-5-2): Samir Handanovic; Diego Godin, Stefan De Vrij, Milan Skriniar; Antonio Candreva, Nicolo Barella, Marcelo Brozovic, Stefano Sensi, Kwadwo Asamoah; Lautaro Martinez, Romelu Lukaku. | Pelatih: Antonio Conte.

Prediksi Pertandingan

Dalam catatan penguasaan bola di Serie A musim ini, AC Milan (60.0%) lebih unggul dibanding Inter (59.0%). Tidak mengejutkan jika Rossoneri akan menguasai jalannya laga. Akan tetapi penyelesaian akhir mereka di sepertiga lapangan terbilang buruk. Dari rataan 15.7 per laga, AC Milan hanya mencetak 2 gol.

Inter sendiri akan diperkuat oleh trio bek andalan, Diego Godin, Stefan De Vrij, dan Milan Skriniar. Nama pertama diistirahatkan Conte dalam ajang Liga Champions. Sementara Rossoneri akan kehilangan sosok Davide Calabria di sisi bek kanan. Andrea Conti diyakini akan mengganti peran Calabria. Kemungkinan besar, Ante Rebic juga akan menjalani debut bersergam Merah-Hitam.

Nerazzurri memang difavoritkan untuk meraih kemenangan jika menilik rekor 6 duel terakhir kontra AC Milan. Tetapi hasil buruk pertahanan kokoh AC Milan bisa menjadi batu sandungan Inter untuk melanjutkan tren 100% kemenangan dalam 4 laga perdana Serie A musim ini.


Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight