Prakiraan Cuaca di Indonesia 7 hingga 13 Maret & Penjelasan BMKG

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 7 Mar 2022 09:31 WIB
BMKG mengimbau masyarakat waspada hujan disertai angin kencang, puting beliung, hingga hujan es.
tirto.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa secara umum kondisi cuaca di Indonesia dalam sepekan ke depan masih cenderung bervariasi.

Achmad Rifani, Forecaster BMKG menjelaskan, pada periode 7 hingga 9 Maret banyak wilayah di Sumatera, Jawa dan Kalimantan yang berpotensi hujan.

Beberapa wilayah tersebut yang berpotensi alami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada 7 hingga 9 Maret di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

"Sementara di wilayah Sulawesi, Maluku, Papua, Bali dan Nusa Tenggara akan cenderung berawan dengan potensi hujan lokal berintensitas sedang," kata Rifani kepada redaksi Tirto.

Rifani juga mengatakan, kemudian pada periode 10 hingga 13 Maret potensi hujan lebat di wilayah Sumatera akan mendominasi wilayah Sumatera bagian Selatan, yaitu Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung, lalu Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua.

"Sementara untuk di Pulau Jawa, kondisi cuaca akan cenderung cerah berawan dengan potensi hujan lokal berintensitas sedang hingga lebat pada siang dan sore hari," ujarnya.

Meski begitu, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kejadian hujan disertai angin kencang, puting beliung, hingga hujan es, mengingat pada saat ini banyak wilayah di Indonesia sudah memasuki periode transisi musim hujan menuju musim kemarau.

"Periode transisi seperti ini merupakan waktu di mana frekuensi kejadian cuaca ekstrem meningkat. Hindari berkegiatan di luar ruangan ketika terjadi hujan dan segera mencari tempat berlindung yang kokoh ketika terjadi angin kencang," pungkasnya.

Baca juga artikel terkait PRAKIRAAN CUACA HARI INI atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight