Kartu Prakerja 2022

Prakerja 2022 Gelombang 37 Dibuka: Cara Daftar, Syarat, & Tahapan

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 18 Jul 2022 15:50 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Program Prakerja Gelombang 37 sudah dibuka dan pendaftaran tidak dipungut biaya.
tirto.id - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 37 telah dibuka sejak Minggu tanggal 17 Juli 2022. Calon peserta dapat mendaftar melalui situs Prakerja di laman https://prakerja.go.id. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan calon peserta yang lolos akan memperoleh kesempatan menjalani pelatihan serta mendapatkan insentif.

Dikutip dari situs resminya, Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini memberikan bantuan biaya terutama bagi pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Setiap warga negara Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal diperkenankan untuk mendaftar program Kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja merupakan program ramah difabel, difabel dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti Program Kartu Prakerja.


Syarat Daftar Program Kartu Prakerja

Berikut ini syarat lengkap untuk mendaftar peserta program Prakerja:

  • WNI berusia 18 tahun ke atas;
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal;
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil;
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19;
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD;
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.


Tahapan Program Kartu Prakerja

Pelaksanaan program Prakerja dimulai dari pendaftaran sampai pemberian insentif ketika peserta telah menyelesaikan pelatihan pertaman. Berikut ini tahapan-tahapan program Prakerja:

  1. Pendaftaran. Pendaftaran dilakukan melalui situs Prakerja dengan mengisikan data diri. Siapkan saat mendaftar berupa e-mail, NIK, nomor KK dan nomor HP yang masih aktif.
  2. Seleksi. Seleksi berupa Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang harus dilakukan untuk bisa mengikuti seleksi gelombang.
  3. Pilih pelatihan. Jika sudah diterima menjadi peserta Prakerja, pilih pelatihan yang diminati di Mitra Platform Digital dan bayar dengan Kartu Prakerja.
  4. Ikuti pelatihan. Selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat.
  5. Beri rating dan ulasan. Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah diikuti.
  6. Insentif biaya mencari kerja. Hubungkan rekening atau e-wallet di salah satu Mitra Pembayaran untuk mendapat insentif sebesar Rp600rb/bulan selama 4 bulan setelah menyelesaikan pelatihan.
  7. Insentif pengisian survei evaluasi. Isi 3 survei yang diberikan dan dapatkan insentif Rp50 ribu untuk setiap survei.


Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Menurut laman Tanya Jawab di situs Prakerja, tata cara pendaftaran program Prakerja sebagai berikut:
  1. Buka situs Kartu Prakerja di https://prakerja.go.id. Lakukan pendaftaran akun dan login ke dashboard Prakerja dengan memasukkan email dan password yang dimasukkan saat mendaftar.
  2. Setelah login akan diarahkan ke laman verifikasi KTP. Isi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Lalu, klik Lanjut
  3. Lengkapi data diri. Pastikan data yang kamu masukkan sesuai.
  4. Saat memasukkan alamat sesuai KTP, pastikan alamat yang dimasukkan sama persis dengan kolom "Alamat" di KTP. Nama lengkap dan nama ibu kandung juga pastikan telah sesuai.
  5. Unggah foto e-KTP dengan dengan mengambilnya langsung dari ponsel. Saat mengunggah, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP berjalan lancar. Jika foto sudah sesuai, klik Gunakan Foto.
  6. Tunggu sampai sistem selesai melakukan verifikasi foto KTP
  7. Jika verifikasi berhasil, selanjutnya lakukan pengunggahan swafoto dan perhatikan ketentuan yang tercantum. Jika foto sudah sesuai, klik Gunakan Foto lalu klik Kirim Foto.
  8. Langkah "selanjutnya" melakukan verifikasi nomor ponsel. Masukkan 6 digit kode OTP yang dikirim ke ponsel dengan benar, lalu klik Kirim OTP.
  9. Isi "Pernyataan Pendaftar" sesuai dengan kondisi calon peserta. Selesaikan semuanya lalu klik Lanjut.
  10. Kerjakan "Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar" dengan klik Mulai Tes
  11. Setelah selesai, klik "Gabung Gelombang". Selanjutnya muncul konfirmasi pilihan gelombang dan klik Gabung.
  12. Klik "Saya Menyetujui" agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya
  13. Tahap pendaftaran selesai

Setelah semua tahap pendaftaran diselesaikan, calon peserta Kartu Prakerja menunggu hasil seleksi. Notifikasi kelolosan dikirim melalui SMS dan email setelah memasuki masa penutupan gelombang. Jika belum lolos, calon peserta dapat mendaftar kembali pada gelombang selanjutnya melalui dashboard akun masing-masing.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight