Prabowo Sudah Arahkan Gerindra Dukung Gibran di Pilwalkot Solo

Oleh: Riyan Setiawan - 11 Februari 2020
"Ya kalau soal dukung mendukung, ya kami juga sudah ada arahan [Prabowo] untuk mendukung [Gibran]," kata Waketum Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.
tirto.id - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengakui bila Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah memberikan arahan agar partainya mendukung putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

"Ya kalau soal dukung mendukung, ya kami juga sudah ada arahan [Prabowo] untuk mendukung [Gibran]," kata Dasco di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2020).

Dasco melihat alasan Prabowo memberikan arahan untuk mendukung Gibran kemungkinan lantaran kini Partai Gerindra tengah berkoalisi dengan PDIP dalam mendukung pemerintahan Jokowi.

Diakui Dasco, kandidat terkuat yang diusung oleh Partai Gerindra dalam Pilwalkot Solo sejauh ini baru Gibran. Namun, Dasco mengatakan masih menunggu keputusan mulai dari tingkat DPC hingga DPP Partai Gerindra.

"Jadi proses-proses rekomendasi Pilkada itu bukan cuma hanya menunggu partai lain, tetapi kami juga sedang berproses di kami untuk sampai ke DPP," tuturnya.

Gibran diketahui telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPP PDIP demi memuluskan jalannya dipilih Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi calon walikota Solo. Tak hanya Gibran saja, uji kelayakan dan kepatutan juga diikuti bakal calon lainnya yakni Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa.

Gibran pun pasrah bila DPP PDIP tak memilihnya menjadi calon wali kota Solo. Ia juga tak ingin berpindah partai bila ternyata DPP PDIP menolak pencalonannya.

"Saya tetap setia dengan PDI-P. Jika tidak mendapat rekomendasi sekalipun," kata Gibran di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020).


Baca juga artikel terkait PILWALKOT SOLO 2020 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto
DarkLight