Prabowo Subianto Larang Personel Kemenhan Mudik Demi Cegah COVID-19

Oleh: Andrian Pratama Taher - 27 Maret 2020
Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak Prabowo Subianto menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kementerian Pertahanan agar tidak mudik Lebaran tahun ini.
tirto.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melarang seluruh pegawai hingga pejabat Kementerian Pertahanan RI untuk mudik. Kebijakan tersebut diperkuat dengan penerbitan surat edaran dari institusi yang dipimpinnya itu.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulis, Jumat (27/3/2020) mengatakan Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kementerian Pertahanan, melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan yang ditandatangani oleh Laksamana Madya TNI Dr Agus Setiadi.

Tujuannya, kata Dahnil, agar seluruh jajaran di Kementerian Pertahanan mulai dari Pejabat Eselon 1 sampai dengan pegawai-pegawai di Kemhan untuk tidak melakukan aktivitas mudik pada tahun ini.

Dahnil mengatakan, instruksi tersebut disampaikan Prabowo demi memastikan seluruh pegawai Kemhan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan dini penyebaran virus Corona.

Ia menerangkan, instruksi Menhan tersebut bersifat mengikat untuk semua jajaran di Kementerian Pertahanan.

Selain itu, kata Dahnil, seluruh jajaran Kemhan juga diminta aktif untuk menyampaikan gerakan tidak mudik kepada sanak saudara dan tetangga serta orang-orang terdekat. Prabowo ingin agar penyebaran virus corona atau Covid 19 tidak semakin masif.

“Tidak mudik adalah salah satu langkah kemanusiaan dan menjaga sesama yang baik saat ini," kata Dahnil.

Prabowo juga mengajak kepada seluruh elemen bangsa dimana pun berada untuk melakukan hal yang serupa seperti yang diinstruksikannya kepada seluruh jajaran Kemhan. Ia mengatakan, aksi tidak mudik tahun ini sebagai bagian bela negara.

“Cara membela negara saat ini salah satunya adalah dengan tidak mudik dan tetap menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga dan tetangga terdekat saat ini. Mari terus bergotong royong agar wabah Covid 19 ini bisa segera bisa kita tanggulangi segera," kata Dahnil.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight