Prabowo Subianto Jadi Ketua Umum Partai Gerindra Lagi

Oleh: Andrian Pratama Taher - 8 Agustus 2020
Prabowo Subianto terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Gerindra untuk lima tahun ke depan.
tirto.id - Prabowo Subianto kembali terpilih sebagai Ketua Umum Partai Gerindra. Keputusan diambil berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa Partai Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Pemilihan Prabowo diawali dengan pertanyaan pimpinan sidang pleno Ahmad Muzani. Ia menanyakan kepada para kader untuk kembali menetapkan Prabowo sebagai ketua dewan pembina dan ketua umum.

"Apakah saudara setuju pak Prabowo ditetapkan kembali menjadi pimpinan?" tanya Muzani dalam rapat, yang disambut teriakan "setuju!" dari para kader.

Suara sepakat para kader membuat Muzani kembali mengangkat Prabowo sebagai ketua umum dan ketua dewan pembina partai dalam 5 tahun ke depan.

"Dengan mengucap alhamdulillah, maka kekosongan pimpinan partai hanya berlangsung dua menit. Pimpinan sidang akan segera mengetuk palu, berarti kita telah kembali memiliki ketua umum dan ketua dewan pembina," kata Muzani.

Prabowo yang juga Ketua Umum dan Ketua Pembina Partai Gerindra periode sebelumnya pun memenuhi keinginan para kader. Ia pun menyatakan siap untuk menjalankan amanah tersebut.

"Kalau itu memang permintaan kongres luar biasa ini, saya menyatakan saya siap sebagai ketua umum," kata Prabowo.

Pengaruh Prabowo di partai tersebut memang tak terelakkan. Awal Juni lalu 34 DPD Gerindra bulat meminta Prabowo kembali menjabat. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan "Seluruh komponen daerah Gerindra meminta Prabowo memimpin perjuangan" menaikkan suara partai di Pemilu 2024, juga dalam rangka menyukseskan banyak kader di Pilkada 2020.

Prabowo mulai menjabat sebagai ketua umum pada 20 September 2014. Ia menggantikan Suhardi yang memimpin sejak 2008.


Baca juga artikel terkait PARTAI GERINDRA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Rio Apinino
DarkLight