Prabowo-Sandiaga Disebut Fokus Rebut Suara di Pulau Jawa

Oleh: M. Ahsan Ridhoi - 19 Oktober 2018
"Kalau sudah masa kampanye terbuka 3 minggu ya terbuka semua. Kalau sekarang kan ada yang lobi, yang belum dukung dilobi dulu," kata Zulkifli.
tirto.id -
Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Zulkifli Hasan menyatakan, pasangan yang didukungnya akan mulai gencar berkampanye pada akhir tahun ini, terutama capres Prabowo Subianto.

"Kalau sudah masa kampanye terbuka 3 minggu ya terbuka semua. Kalau sekarang kan ada yang lobi, yang belum dukung dilobi dulu," kata Zulkifli, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (19/10/2018).

Zulkifli pun mengungkap fokus kampanye pasangan nomor urut 02 tersebut. Menurutnya, pasangan ini bakal fokus merebut suara di Jawa, karena menganggap pulau itu sebagai kunci pemenangan nasional.

"Kan yang bisa naklukkan Jawa menang. Jadi tentu Jawa, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta, Banten. Karena Jawa itu 60%, Jawa itu 62%," kata Zulkifli.

Selain itu, kata Zulkifli, Prabowo dan Sandiaga juga akan mengunjungi basis-basis pemilih di luar negeri.

"Jangankan tenaga kerja yang besar, di Hong Kong, di Malaysia, kan banyak. Satu suara saja bisa menentukan. Jadi semua dikejar pada saatnya," kata Zulkifli.

Sampai saat ini, pasangan Prabowo-Sandiaga memang belum pernah kampanye ke luar negeri. Mereka masih fokus melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Indonesia.

Meskipun, kunjungan tersebut lebih banyak dilakukan Sandiaga sebagai cawapres. Mantan Wagub DKI Jakarta ini tercatat berkeliling di pesantren-pesantren di Jawa. Hari ini, ia pun diagendakan berkunjung ke Padang, Sumatera Barat.

Sementara, Prabowo lebih banyak melakukan agenda internal. Meskipun, sesekali juga mengunjungi konstituen di daerah, seperti hari ini ia ke Bali untuk menghadiri deklarasi relawan.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya M. Ahsan Ridhoi
(tirto.id - Politik)

Reporter: M. Ahsan Ridhoi
Penulis: M. Ahsan Ridhoi
Editor: Maya Saputri
DarkLight