Debat Pilpres 2019

Prabowo di Debat Capres 2019: Pejabat Korupsi karena Gajinya Kecil

Oleh: Iswara N Raditya - 17 Januari 2019
“Tidak masuk akal pejabat penting penghasilannya sedikit," tukas Prabowo dalam Debat Pilpres 2019 perdana.
tirto.id - Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menilai, banyak pejabat di Indonesia melakukan korupsi karena gaji mereka terlalu kecil. Hal ini disampaikan Prabowo dalam Debat Pilpres 2019 perdana di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019), saat membahas tema korupsi.

Joko Widodo (Jokowi) selaku capres nomor urut 1 sebelumnya mengatakan bahwa gaji pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah cukup, juga ditambah dengan berbagai tunjangan kinerja. Artinya, menurut Jokowi, menaikkan gaji pejabat dan ASN bukan solusi untuk menekan angka korupsi.

Namun, Prabowo tidak sepakat dengan Jokowi. Ia mengklaim telah mempelajari masalah seperti ini dari berbagai negara. Intinya, menurut Prabowo, korupsi pejabat dan ASN terjadi lantaran penghasilan mereka terlalu kecil meskipun sudah ditambah berbagai jenis tunjangan.

“Ada tunjangan macam-macam, tapi tetap ada ketakutan birokrat akan masa depan mereka. Dari situlah ragu-ragu, tidak kuat mendapat godaan, tawaran-tawaran dari swasta, bertindak di luar kepentingan rakyat,” papar Prabowo.

Maka, jika terpilih menjadi presiden nanti, Prabowo Subianto berjanji akan menaikkan gaji pejabat dan ASN secara signifikan. Namun, imbuhnya, tetap diawasi dengan ketat dan menggunakan instrumen-instrumen negara.


“Tidak masuk akal pejabat penting penghasilannya sedikit. Tapi kita awasi dengan ketat dengan senjata dan instrumen yang dimiliki,” ucap Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Prabowo juga berjanji akan memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan membentuk KPK di daerah-daerah dan seluruh provinsi di Indonesia.

Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Politik)


Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya