Prabowo dan Mahfud MD Bertemu Bahas "Masalah Alutsista"

Oleh: Andrian Pratama Taher - 13 Desember 2019
Prabowo dan Mahfud MD bertemu membahas masalah kontrak alutsista.
tirto.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menkopolhukam Mahfud MD di Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumat (13/12/2019) siang. Keduanya membahas alat utama sistem persenjataan (alutsista).

"Ada masalah dengan beberapa kontrak lama di luar negeri. Ini kita perintah pak Presiden, ya," Kata Prabowo usai bertemu dengan Mahfud MD sekitar 15 menit.

"Masalah alutsista," Mahfud menimpali.

Prabowo lantas mengatakan salah satu persoalan alutsista di Indonesia adalah harga yang terlalu mahal. Kementerian Pertahanan sedang mengkaji ulang kontrak tersebut, akunya.

"Kita diperintah nego kembali oleh bapak presiden. Ya kita kan pelaksana," kata Prabowo.

"Ya betul, betul," tambah Mahfud.

Prabowo mengatakan pemerintah akan berhati-hati dalam pembahasan kontrak tersebut. Ia tidak menjawab apakah kontrak yang mahal itu termasuk jet tempur KFX/IFX.

Dalam pertemuan itu Prabowo mengaku meminta petunjuk kepada Mahfud, tak terbatas soal alutsista. Akan ada pertemuan lanjutan dalam waktu dekat.

"Mungkin minggu depan saya juga mengundang beliau, kesempatan pertama untuk ke Kemhan. Kami akan paparann lebih rinci kondisi yang ada tapi secara sepintas sudah lapor beliau masalah-masalah pokok yang dihadapi, yang penting-penting saja," kata Prabowo.


Baca juga artikel terkait ALUTSISTA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Rio Apinino
DarkLight