PPDB SMP Purwakarta 2022: Syarat Daftar Jalur Zonasi, Jadwal & Alur

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 9 Jul 2022 11:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
PPDB SMP Purwakarta 2022 jalur zonasi dibuka pendaftarannya sampai 11 Juli 2022, berikut syarat, jadwal, dan alurnya.
tirto.id - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Purwakarta 2022 jalur zonasi akan ditutup pada Senin, 11 Juli 2022. Bagi calon peserta didik baru yang ingin masuk SMP negeri di Purwakarta lewat jalur zonasi disarankan segera menyelesaikan menyelesaikan tahap pendaftaran.

Prosedur pendaftaran PPDB SMP Purwakarta sendiri berlangsung secara online melalui laman ppdb.disdik.purwakartakab.go.id/smp. Pendaftaran dapat dilakukan sesuai dengan alur yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta dengan syarat-syarat tertentu.

Jalur zonasi sendiri merupakan jalur terakhir yang dibuka perndaftarannya pada rangkaian seleksi PPDB SMP Purwakarta 2022. Sebelumnya, tiga jalur lain, yaitu afirmasi, perpindahan orang tua/wali (PTO), dan prestasi sudah ditutup pendaftarannya pada Juni lalu.

Syarat Daftar Jalur Zonasi PPDB SMP Purwakarta 2022


Jalur zonasi PPDB SMP Purwakarta dibuka bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di wilayah kecamatan yang sama dengan sekolah tujuan.

Kendati demikian, menurut Peraturan Bupati Purwakarta (Perbup) Nomor 40 Tahun 2022 calon peserta didik baru yang berada di perbatasan zona kecamatan diperbolehkan mendaftar pada sekolah yang diluar zonasinya.

Ketentuan ini berlaku apabila jarak domisili calon peserta didik lebih dekat dengan sekolah tujuan dari pada sekolah yang berada di zonasinya.

Bagi calon peserta didik baru yang ingin mendaftar jalur zonasi diwajibkan mengunggah beberapa dokumen persyaratan termasuk:

  • Peta (koordinat) domisili;
  • Ijazah;
  • Kartu keluarga (KK);
  • Akta kelahiran;
  • Formulir pendaftaran
  • Surat pernyataan dan keterangan yang dapat diunduh di link ini.

Jadwal PPDB SMP Purwakarta 2022


Rangkaian seleksi PPDB SMP Purwakarta 2022 mulai dari sosialisasi hingga daftar ulang rencananya akan berlangsung mulai April hingga Juli tahun ini. Berikut jadwal lengkapnya seperti yang dikutip dari PPDB Disdik Purwakarta:

  • Sosialisasi : April - Juni 2022
  • Pendaftaran jalur afirmasi: 21 - 23 Juni 2022
  • Pendaftaran jalur PTO: 24 - 26 Juni 2022
  • Pendaftaran jalur prestasi: 27 - 29 Juni 2022
  • Pendaftaran jalur zonasi: 30 Juni - 11 Juli 2022
  • Pengumuman: 12 Juli 2022
  • Daftar ulang: 13 - 15 Juli 2022
  • Awal masuk tahun ajaran baru 2022/2023: 18 Juli 2022.

Alur Pendaftaran PPDB SMP Purwakarta 2022


Pendaftaran PPDB SMP Purwakarta 2022 melalui serangkaian alur, mulai dari pendaftaran online hingga pengumuman hasil. Berikut alur pendaftaran PPDB SMP Purwakarta 2022 seperti yang dikutip dari laman resminya:

1. Pendaftaran


Calon peserta didik baru melakukan pendaftaran online di laman https://ppdb.disdik.purwakartakab.go.id/smp/#!/pendaftaran.

2. Validasi dan verifikasi berkas


Sekolah akan melakukan validasi dan verifikasi berkas pendaftaran yang di-upload calon peserta didik baru.

3. Seleksi


Apabila berkas sudah valid, sistem akan melakukan seleksi berdasarkan passing grade.

4. Pengumuman hasil akhir


Jika masa pembukaan jalur PPDB sudah selesai, akan diumumkan hasil seleksi seluruh jalur di laman ppdb.disdik.purwakartakab.go.id/smp.



Baca juga artikel terkait PPDB 2022 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight