Positif COVID-19, Novel Baswedan Akan Ulangi Tes Swab

Oleh: Bayu Septianto - 28 Agustus 2020
Penyidik KPK Novel Baswedan akan menjalani tes usap (swab) ulang setelah terkonfirmasi positif COVID-19, keluarganya juga akan melakukan tes swab.
tirto.id - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan akan menjalani tes usap (swab) ulang setelah terkonfirmasi positif COVID-19. Tak hanya Novel, keluarga Novel Baswedan juga akan menjalani tes usab.

"Pada hari ini, Bang Novel akan melakukan "test swab" ulang beserta dengan keluarganya di rumah kediaman beliau," ucap Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (28/8/2020) dilansir dari Antara.

Yudi mengatakan Novel untuk sementara waktu tidak akan bekerja terlebih dahulu selama menjalani isolasi mandiri. Ia pun mengharapkan Novel lekas sembuh dan kembali bekerja dalam rangka pemberantasan korupsi.

"Kami berharap Bang Novel cepat sembuh dan bisa bergabung kembali dengan kami para pegawai KPK lainnya untuk tetap memberantas korupsi di negeri ini, walaupun saat ini memang masa-masa pandemi," kata Yudi.

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan penyidikan kasus korupsi yang ditangani Novel Baswedan tetap dikerjakan meski Novel dinyatakan positif COVID-19.

"Penyidikan perkara tetap dikerjakan oleh Direktorat Penyidikan, kan ada penyidik yang lainnya," ucap Firli.

Lebih lanjut, ia juga memastikan penyidikan kasus korupsi tetap dituntaskan yang nantinya akan diatur oleh Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan KPK.

"Pekerjaan tetap dituntaskan dan kami harus tetap sehat. Deputi Penindakan dan Direktur Penyidikan yang mengatur," ujar Firli.

Sebelumnya, Novel juga telah membenarkan dirinya terkonfirmasi positif COVID-19.

"Iya [benar positif COVID-19], Alhamdulillah saya merasa sehat," kata Novel.

Menurut Novel, ia sempat demam dan batuk lalu menjalani tes "swab", namun saat ini kondisinya stabil dan akan menjalani isolasi mandiri.


Baca juga artikel terkait KASUS POSITIF COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Antara
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Bayu Septianto
DarkLight